Breaking News

Uninstal Postgresql di Ubuntu 14.04

Setelah sebelumnya membahas cara instal postgresql, maka saat ini akan membahas cara melakukan unistal postgresql di Ubuntu 14.04.
Saat ini saya akan menghapus atau uninstal postgresql dengan menggunakan terminal di Ubuntu. Caranya buka terminal dan ketikan "dpkg -l | grep postgres" untuk menampilkan paket instalasi dari postgresql di komputer kita. selanjutnya akan dilakukan unistal terhadap paket aplikasi postgre tersebut.

Dengan mengetikan perintah tersebut ditampilkan list aplikasi yang terdapat dalam paket postgresql. Selanjutnya dengan menggunakan perintah "sudo apt-get --purge remove postgresql <list aplikasi paket postgresq1> <list aplikasi paket postgresq2> <list aplikasi paket postgresqn>" dengan perintah tersebut akan dilakukan unistal terhadap semua paket aplikasi postgresql. Atau dengan cara lain yaitu di uninstal satu persatu dengan mengetikan perintah "apt-get --purge remove postgresql <list aplikasi paket postgresq1>". <list aplikasi paket postgresql1> saya ganti dengan postgresql-9.3, sehingga perintah yang diketikan menjadi
apt-get --purge remove postgresql postgresql-9.3 kemudian ketik enter.


Untuk mengecek hasil proses uninstal dapat menggunakan perintah "dpkg -l | grep postgres" untuk melihat list paket aplikasi postgresql yang tersisa. Terlihat bahwa postgresql-9.3 sudah tidak ada dalam list (sudah diuninstal).


Dari gambar diatas terlihat aplikasi postgresql-9.3 sudah tidak ada dalam list atau selesai di uninstal. lakukan untuk list aplikasi yang masih ada, sampai semua selesai di uninstal.

Terimakasih telah menyimak, dan semoga bermanfaat. @wawanhn




No comments