Breaking News

Merubah Sistem Koordinat di ArcGIS dengan Menggunakan Fungsi Project


Dalam data Sistem Informasi Geografi (SIG) yang diolah dengan ArcGIS harus mempunyai sistem koordinat untuk dapat dilakukan analisis spasial. Sistem koordinat dalam ArcGIS secara umum dibagi dua yaitu Geographic Coordinate Systems dan Projected Coordinat Systems. Secara umum perbedaannya adalah pada sistem Geographic Coordinate Systems menggunakan satuan derajat dan Projected Coordinat Systems menggunakan satuan meter. Dalam tulisan lain akan dibahas lebih lanjut mengenai sistem koordinat.

Jika kita akan bekerja di ArcGIS dan mempunyai beberapa layer yang mempunyai beda-beda sistem koordinat dan kita ingin menyamakan dalam sebuah sistem koordinat tertentu, maka harus dilakukan perubahan sistem koordinat layer tersebut. Di ArcGIS untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan fungsi Project dari Toolbox Data Management.

Fungsi dari toolbox Project adalah untuk merubah sistem koordinat dari suatu layer atau file ke sistem koordinat lain. Dengan demikian toolbox ini digunakan untuk merubah sistem koordinat sebuah layer yang sudah ada koordinat sebelumnya namun ingin dirubah ke sistem koordinat lain, bukan layer yang belum mempunyai sistem koordinat.

Cara yang dilakukan untuk merubah koordinat yaitu di ArcMap buka layer yang akan kita rubah sistem koordinatnya, lalu cari fungsi Projection dari Toolbox Data Management->Projection and Transformations->Project,


Setelah tampil windows projection lalu masukan parameter-parameter:

  • Input Dataset or Feature Class : masukan input file atau layer
  • Input Coordinate System (optional) : bersifat optional untuk layer yang telah spesifik koordinatnya maka tidak harus diisi, namun jika sistem koordinat unknown atau tidak spesifik maka dapat kita isi.
  • Output Dataset or Feature Class : masukan nama file atau layer hasil proses
  • Output Coordinate System : masukan sistem koordinat yang untuk file atau layer yang dirubah
Dalam gambar diatas untuk input file misalanya layer BATAS_KBB dan untuk sistem koordinat layer tersebut sebelumnya adalah MapInfo Generic Lat/Long. Kemudian kita masukan nama layer output dan tentukan keluaran dari sistem koordinat layer tersebut menjadi GCS_WGS_1984 dari Geographic Coordinate Systems->WGS1984. Setelah selesai kemudian klik OK. Hasil dari dari fungsi tersebut seperti diperlihatkan pada gambar di bawah.


Oke sekian dulu cara merubah sistem koordinat di ArcGIS dengan menggunakan fungsi Project semoga bermanfaat. @wawanhn


1 comment

Etnam said...

Terima kasih banyak, postingan Anda sangat membantu