Thursday, May 25, 2017

Mengatasi Error di Gmail : A Server Error Occured and Your Email Was Not Sent (#76997)



Aplikasi email Gmail merupakan aplikasi email dari perusahaan Google yang saat ini paling banyak digunakan di dunia, Berbagai fasilitas dalam dalam Google yang terintegrasi dengan Gmail memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk menjalankan aktifitas.

Namun jika pada suatu saat terdapat masalah dalam Gmail kita sehingga tidak bisa kirim email dan terdapat informasi error: A Server Error Occured and Your Email Was Not Sent (#76997). Mungkin akan menjadi masalah bagaimana mengatasi hal tersebut. Error tersebut biasanya terjadi pada saat kita baru membuat email Gmail baru dan melakukan pengiriman email.

Sebenarnya salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah sederhana yaitu dengen cara menghapus cache dari browser yang digunakana kemudian lakukan restart browser atau keluar browser dan jalankan browser kembali.

Sebagai contoh jika menggunakan Firefox untuk menghapus cache lakukan dengan cara buka Pengaturan -> Privasi, pada bagian Riwayat kemudian klik membersihkan riwayat terakhir seperti gambar dibawah.


Jika menggunakan Chrome dapat dilakukan dengan cara pilih Setting kemudian klik Show Advance Settings... kemudian enggunakan pada bagian menu Privacy klik Clear Browsing Data...



Setelah dlakukan clear cache atau riwayat browsing kemudian restart aplikasi browser tersebut dan coba masuk ke Gmail dan tes kirim email dan berhasil.

Jika belum berhasil maka lakukan langkah berikut dengan cara melakukan setting di bagian Labs menjadi disable, caranya masuk ke bagian Setting lalu di Labs set menjadi semuanya Disable atau dengan cara yang mudah masukan di browser https://mail.google.com/mail/u/0/?labs=0.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. @wawanhn
Previous Post
Next Post

0 comments: