Monday, May 25, 2015

Menggunakan Fungsi Dissolve di ArcGIS

Pada saat melakukan analisis data spasial kita sering menjumpai kasus ingin menggabungkan beberapa objek menjadi objek lain menurut atribut atau ketentuan tertentu. Misalkan pada saat kita mempunyai peta administrasi desa, dan menginginkan untuk dibuat peta administrasi kecamatan, kabupaten ataupun propinsi dari peta tersebut. Dengan catatan pada peta tersebut terdapat atribut kecamatan dan kabupaten yang meliputi setiap desa.


Secara manual kita dapat menggunakan fasilitas query untuk mengelompokan atribut menurut jenis kecamatan dan melakukan union untuk menjadikan objek vektor tersebut menyatu. Namun pada saat jumlah objek yang harus diunion sangat banyak maka langkah tersebut tidak efektif, sehingga membutuhkan langkah atau cara lain yang lebih baik.

Dengan menggunakan ArcGIS dapat digunakan fungsi atau tool dissolve yang dapat digunakan untuk meleburkan objek-objek yang mempunyai atribut yang sama. Misal pada peta adminitrasi desa bali akan dibuat peta administrasi kecamatan. 

Tool dissolve terdapat pada menu Arctoolbox, Data Management Tools, Generalization


 Cara kerja pilih tool dissolve sehingga tampil window dissolve, 

  • Pada bagian input feature pilih file input yang akan di dissolve.
  • Pada bagian output feature class tentukan nama file dan tempat penyimpanan hasil proses
  • Pada bagian dissolve field tentukan atribut atau field yang akan dijadikan acuan prosses dissolve pada bagian ini dipilih field Kecamatan. Kemudian klik OK.
Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, jika tidak ada pesan error maka kita selesai membuat peta adminitrasi kecamatan dari peta administrasi desa dengan menggunakan fungsi dissolve.


Terimakasih telah menyimak tutorial sederhana ini, meskipun sederhana namun semoga bermanfaat. @wawanhn


Previous Post
Next Post

0 comments: