Breaking News

Membuat Web GIS dengan Menggunakan ArcGIS Online Tanpa Coding

Web Gis merupakan aplikasi GIS atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta digital serta menjalankan fungsi-fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet (Prahasta, 2007).

Saat ini web gis banyak digunakan untuk memvisualisasikan GIS dengan efektif dengan menggunakan internet. Berbagai web gis banyak dikembangkan atau dibuat oleh perusahaan, instansi, ataupun organisasi untuk menampilkan peta tematik tertentu. Teknlogi web gis sangat membantu mendistribusikan informasi sehingga lebih baik dan efektif. Web gis terkait dengan data spasial yang ditampilkan dalam bentuk web menggunakan browser.

Setelah sebelumnya membahas bagaimana membuat Web GIS dengan menggunakan Google Maps. Saat ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat Web GIS dengan menggunakan ArcGIS Online tanpa coding. ArcGIS menyediakan fasilitas pemetaan secara online dengan mudah dan gratis. Dengan menggunakan infrastruktur teknologi ArcGIS yang terkenal handal kita dapat memanfaatkan untuk membangun Web GIS dengan mudah dan untungnya ada yang versi gratisnya.

Langkah pertama untuk membangun Web GIS di ArcGIS Online silahkan buka website ArcGIS Online disini. Silahkan login di web ArcGIS tersebut atau bagi yang belum mempunyai account silahkan membuat account terlebih dahulu.


Setelah melakukan login di web ArcGIS Online pilih ke menu My Content. Di halaman tersebut kita bisa membuat Folder ataupun langsung membuat Web GIS. Misal saya contohkan saya membuat folder Petaku.


Setelah kita buat folder "Petaku" klik folder Petaku tersebut sehingga kita berada pada folder tersebut dan klik Create untuk membuat Web GIS.


Sebagai contoh saya buat Web GIS dengan cara pilih Create Map. Sehingga tampil halaman seperti berikut ini. Di halaman tersebutlah kita bisa menambahkan layer-layer untuk ditampilkan di Web GIS.


Misal saya ingin menambahkan layer kedalam Web GIS tersebut. Catatan format data yang dapat dimasukan ke dalam Weg GIS tersebut adalah format shp yang di zip, csv, dan gpx. 


Jika proses import data berhasil maka akan ditampilkan layer yang kita import ke dalam Web GIS seperti ditampikan di bawah ini. Terhadap layer tersebut kita bisa menentukan cara menampilkan layer tersebut supaya terlihat dengan baik dan mampu menyampaikan informasi dengan baik. Untuk menentukan simbol layer tersebut dapat di set di bagian Choose atribute to Show dan Select a Drawing Style setelah selesai klik DONE.


Lakukan langkah-langkah tersebut di atas untuk menambahkan layer-layer yang akan dimasukan ke Web GIS. Dan jika import layer-layer tersebut selesai maka kita bisa klik save. Setelah Web GIS dibuat kita dapat melakukan share dan menyisipkan Web GIS kita ke website lain.

Untuk berbagi dan menyisipkan Web GIS kita silahkan klik Share.
Untuk berbagi ada alamat Web GIS yang kita bisa lihat alamatnya di Link to this Map.
Untuk menyisipkan kode program Web GIS supaya ditampilkan di web site lain pilih EMBED IN WEBSITE


Misal saya sisipkan Web GIS yang sudah dibuat ke website yang saya punya disini.


Silahkan kreasikan layer dan Web GIS tersebut sehingga menarik dan dapat menyampikan informasi dengan baik. Sekian tulisan ini semoga bermanfaat. @wawanhn















No comments