Breaking News

Crop Citra atau Raster di QGIS


Pada tulisan ini akan berbagi cara crop citra atau raster dengan menggunakan QGIS. Crop citra dilakukan ketika kita akan mempersempit daerah interes dari penelitian yang dilakukan hal ini supaya proses analisis data menjadi lebih cepat. Langkah dalam tulisan ini berlaku untuk croping terhadap citra atau raster misal landsat, srtm, aster dan lain lain.

Langkah untuk croping citra atau raster di QGIS sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan menu Raster -> Extraction -> Clipper


Setelah itu kemudian muncul window Clipper


Tentukan output file dengan nama yang diinginkan. Selanjutnya pada bagian Clipping Mode dengan memilih Extent atau Mask layer. Ketika ketika pilih Extent maka kita bisa membuat boundary atau kotak sebagai pembatas croping dengan cara buat kotak dengan mouse di citra atau raster yang ingin di crop tanpa mengklik OK. Baru kemudian setelah kita membuat kotak boundary maka klik OK untuk melakukan croping. 

Jika akan melakukan croping dengan sebuah layer maka pada bagian Clipping Mode pilih Mask layer maka kita disuruh memilih layer yang akan dijadikan boundary dan kemudian klik OK.


Tunggu sampai proses selesai dan dihasilkan file baru hasil croping. Sekian semoga bermanfaat. @wawanhn

No comments