Breaking News

Membuat Web GIS dengan Menggunakan CartoDB Tanpa Coding

CartoDB merupakan salah satu aplikasi web yang menyediakan fasilitas untuk membangun Web GIS seperti halnya dengan menggunakan Google Maps atuapun ArcGIS Online. Setelah pada tulisan sebelumnya membahas tentang Web GIS dengan Google Maps dan ArcGIS Online, maka tidak ada salahnya kita akan bahas cara membuat Web GIS dengan menggunakan CartoDB. Dengan demikian ada berbagai alternatif untuk kita gunakan dalam membangun Web GIS gratisan dengan mudah dan tanpa melakukan coding pula.

Sebelum melanjutkan ke langkah membuat Web GIS kita bahas sedikit tentang CartoDB. CartoDB merupakan salah satu aplikasi atau tool yang menyediakan layanan untuk mengolah data spasial, analisis data spasial dan pemetaan. Dalam CartoDB terdapat beberapa fasilitas analisis sederhana yaitu memungkinkan untuk eksekusi command SQL dan adanya fungsi filter. Tampilan CartoDB juga sangat user friendly, dengan demikian bagi yang baru masuk ke web tersebut dapat dengan mudah menggunakannya. Selanjutnya dengan CartoDB juga kita bisa membuat Web GIS yang cukup baik untuk ditampilkan di perangkat mobile.

Untuk membuat Web GIS di CartoDB silahkan masuk ke halaman ini. Lakukan pendaftaran bagi yang belum mempunyai account dan lakukan sign in. 

Kemudian pilih button New Map di ujung kanan atas sehingga tampil halaman untuk membuat atau menampilkan peta baru seperti di bawah ini.


Pada bagian tersebut ada dua piliha untuk membuat Web GIS apakah dengan menggunakan menu Create Empty Map atau menggunakan menu Connect Dataset. Dengan menggunakan menu Create Empty Map maka akan dibuat sebuah halaman Web GIS kosong yang kita bisa isi dengan layer-layer yang kita import kemudian. Dengan menggunakan menu Connect Dataset kita bisa langung import data dengan beberapa cara yaitu : dengan cara import langsung file ke server web ataupun dengan cara mengkoneksikan dataset (file) yang sudah disimpan di beberapa penyedia penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, Box, Twitter.

Setelah kita membuat atau menkoneksikan ke dataset dimana layer atau file berada maka kita dapat melanjutkan untuk kostumisasi terhadap tampilan Web GIS kita.


Dalam halaman tersebut kita bisa menentukan 
  • Judul dengan memilih Edit Metadata.
  • Menambahkan Judul Peta, Text, Anotasi, dan image yang akan ditampilkan dioverlaykan dengan Web GIS ari menu Add Element
  • Menentukan tampilan apak di browser atau di perangkat mobile dari menu Preview Map.
  • Melihat tampilan data tabular atau data spasial dengan menentukan DATA VIEW atau Map VIEW.
  • Mendefiniskan perintah SQL dalam menampilkan layer dengan menuliskan perintah SQL di tab SQL sebelah kiri.
  • Menentukan tampilan simbologi dari layer dibagian tab wizards sebelah kiri.
  • Menentukan informasi yang akan ditampilkan pada saat dilakukan klik atau mouse digerakan diatas layer dibagian tab Info Windows.
  • Menentukan tampilan legenda di tab Legends.
  • Membuat filter dengan memilih atribut tertentu di bagian tab Filter.
  • Untuk menambahkan layer baru kita bisa lakukan dengan cara klik tana + Add Layer.
Silahkan kreasikan dengan menambahkan layer-layer lain dan seting tampilan simbologi dari layer-layer tersebut sehingga Web GIS dapat menyampaikan informasi yang kita inginkan. Selanjutnya setelah tahap-tahap tersebut selesai maka kita PUBLISH peta tersebut sehingga kita bisa share link Weg GIS kita ke orang lain, sisipkan di website lain, ataupun menambahkan Web GIS kita di aplikasi lain yang kita buat.

Cukup mudah bukan cara membuat Web GIS dengan CartoDB salah satu aplikasi gratis yang menyediakan layanan untuk mengolah data spasial, analisis data spasial dan pemetaan. Terimakasih dan semoga bermanfaat. @wawanh 







1 comment

Fabian Gery said...

Admin, saya kan misal bikin data spasial baru dari aplikasi arcgis, nah data tersebut apa bisa di publish kedalam WebGis melalui CartoDB ini? Tks, maaf klo pertanyaan nya agak aneh karena saya masih pemula, matur nuwun mas admin.