Breaking News

Membuat DVD Bootable dari file ISO Tanpa Software di Windows 7

Selain menggunakan flash disk sebagai media instalasi Windows atau Linux, kali ini saya akan berbagi cara membuat DVD bootable dari file ISO tanpa menggunakan software. Jika ingin membuat file bootable banyak software yang bisa digunakan misal Nero, Power ISO dan lain-lain.

Namun jika ingin membuat file instalasi dari file ISO instalan Windows atau Linux, dengan tanpa menggunakan software kita bisa membuat DVD bootable dengan cara yang sederhana dengan menggunakan fasillitas di Windows 7. Yang dibutuhkan adalah file instalan yang sudah dalam bentuk ISO, langkah yang dilakukan adalah:
  • Dalam contoh ini saya akan membuat DVD bootable dari ISO Linux Ubuntu 64 bit. Caranya klik kanan di file ISO lalu Open With >> WIndows Disk Image Burner

  • Maka akan ditampilkan windows burn disk image, pada bagian Disk burner pilih DVD yang akan digunakan untuk menulis DVD. Kita dapat mencentang Check box Verify disc after burning jika ingin proses penulisan ke DVD dilakukan verifikasi setelah menulis selesai. Kemudian klik Burn.  
  • Jika proses tersebut sukses dan tidak ada error maka kita telah sukses membuat DVD bootable Windows atau Linux.
Terimakasih telah menyimak, semoga membantu. @wawanhn

No comments