Breaking News

Membuat File Kompresi dengan 7zip Menjadi Beberapa Bagian

Saat ini penggunaan email banyak dilakukan untuk membantu pekerjaan, salah satunya dalam berbagi atau bertukar file pekerjaan. Meskipun banyak cara dan tools yang dapat digunakan dalam kolaborasi pekerjaan secara online, misalnya menggunakan teknologi cloud. Namun saat ini saya akan membahas cara membuat kompresi file dengan format zip yang dapat dibuat dalam ukuran tertentu. Hal ini dilakukan ketika kita akan mengirim file dalam ukuran lebih dari 25 MB, sebagai catatan bahwa batasan file yang dapat diattach lewat gmail adalah 25 MB. Ukuran file diatas tersebut tidak bisa dikirim, oleh karena itu jika ingin mengirim file tersebut melalui email maka kita bisa lakukan dengan cara membagi file tersebut dalam beberapa bagian yang ukurannya kurang dari 25 MB.

Perlengkapan yang dibutuhkan dan langkah dalam membuat file kompresi dalam beberapa bagian adalah sebagai berikut:

  • Sofware kompresi gratis 7zip dapat di download disini.  
  • Instal software tersebut di komputer kita.
  • Pada saat kita akan mengkompress file atau folder langkahnya sama dengan yang bisa dilakukan dalam melakukan kompresi file. Misal saya mempunyai sebuah folder dengan nama SHP yang mempunyai ukuran file 83 MB dan akan dikompres dan dibuat dalam beberapa bagian dimana dalam satu bagian maksimal 20 MB.
  • Klik kanan pada folder SHP dan pilih menu 7 Zip >> Add to archive, sehingga tampil windows seperti ini.

  • Pada bagian Archive format tentukan jenis file kompresi yang digunakan, dalam hal ini saya memilih menggunakan format zip yang biasa digunakan. Kemudian pada bagian Split to volume, bytes saya isiskan 20 M yang menunjukan bahwa saya ingin dibuat file kompresi dengan ukuran tiap file sebesar 20 M, lalu klik OK.
  • Setelah proses dijalankan maka dihasilkan 2 file kompresi SHP dimana pada file SHP.zip.001 berukuran 20 MB. Ukuran maksimal file kompresi tersebut 20 MB. File inilah yang bisa kita kirim lewat email dengan beberapa kali pengiriman dengan dalam sekali kirim kita attach file kompresi tersebut satu persatu.
  • Untuk mengekstrak file kompresi tersebut klik kanan pada file SHP.zip.001 dan pilih menu 7 zip >> Extract Here. Maka akan dihasilkan folder SHP yang sebelumnya belum di kompress.

Dari contoh proses kompresi diatas dengan menggunakan 7zip dari sebuah file yang berukuran 83 MB dihasilkan dua file kompresi zip dengan ukuran 20 MB dan 3,8 MB. Demikianlah tulisan sederhana ini, di kesempatan mendatang akan membahas menggunakan teknologi cloud dalam berbagai atau bertukar file, sehingga lebih efektif dan aman. Terimkasih telah menyimak, tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat. @wawanhn


No comments