Breaking News

Membuat File Kompresi Menjadi Ukuran Sangat Kecil dengan Kgb Archiver

Setelah sebelumnya membuat tulisan Membuat file kompresi dengan 7zip, dalam tulisan tersebut dicontohkan untuk proses kompresi sebuah folder yang berisi file-file dengan ukuran 83 MB dan setelah kompresi menjadi berukuran 24 MB.

Namun saat ini saya akan berbagi sebuah tool kompresi yang dapat melakukan kompresi file dengan ekstrim sehingga ukuran hasil kompresi bisa berukuran sangat kecil dibandingkan ukuran file awal. Dan contoh yang akan digunakan akan menggunakan file yang sama dengan tulisan sebelumnya mengenai membuat file kompresi dengan 7zip yaitu folder SHP yang berukuran 83 MB.

Untuk membuat file kompresi menjadi sangat kecil dibutuhkan software kompresi Kgb Archiver. Langkah yang dilakukan adalah:

  • Instal software Kgb Archiver tersebut di komputer Windows.
  • Buka program Kgb Archiver dari windows >> all programs di Windows.
  • Setelah program Kgb Archiver ditampilkan kemudian cari folder yang akan kita kompres, dalam hal ini saya akan mengkompres folder SHP.
  • Kemudian akan tampil windows New Archive. dan seting pada bagian Archive format kita bisa pilih KGB. dan pada bagian COmpression level kita pilih Maximum, kemudian klik Next. 
  • Proses kompresi dilakukan dan tunggu proses tersebut selesai. Proses kompresi dengan menggunakan Kgb Archiver membutuhkan waktu yang sangat lama jika dibandingkan dengan menggunakan software kompresi lain yang biasa. Apalagi kalo besaran file yang dikompresi sangat besar.
  • Setelah proses kompresi selasai dan tidak ada error maka ada konfirmasi bahwa proses kompresi telah selesai dilakukan. dan kita kan mendapatkan file kompresi yang sangat kecil dibandingkan ukuran file sebelumnya dan jauh lebih kecil dibandingkan hasil kompresi software kompresi biasa.

Dari hasil kompresi dengan menggunakan Kgb Archiver dihasilkan file kompresi SHP.kgb dengan ukuran yang sangat kecil yaitu 9,2 MB dibandingkan ukuran file awal dan jika dibandingkan juga dengan hasil kompresi lain ukuran file lebih kecil. Misal dengan menggunakan 7zip folder SHP dikompresi menjadi 24 MB seperti pada tulisan sebelumnya.

Namun mengkompresi file dengan Kgb Archiver apalagi pada ukuran file yang sangat besar terkadang terjadi data corrupt, sehingga perlu di cek dulu apakah hasil kompresi sudah benar-benar sempurna atau belum sebelum kita berbagi file hasil kompresi dengan orang lain. Selanjutnya mengkompresi dengan format .kgb yang merupakan file yang belum lazim digunakan akan menyulitkan bagi orang lain pada saat mengektrak file. Sehingga lebih baik menggunakan format archive .zip yang sudah standar dilakukan.

Ketika saya mengkompresi folder SHP diatas dengan memilih format arhive zip maka saya mendapatkan file hasil kompresi berukuran 24 MB, hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan menggunakan software kompresi 7zip.

Dari hasil proses kompresi dengan Kgb Archiver dapat disimpulkan:
  1. Menggunakan Kgb Archiver dengan dengan memilih format archive kgb akan menghasilkan ukuran file kompresi yang sangat kecil dibandingkan dengan ukuran file awal. Dan jika dibandingkan dengan proses kompresi standar dengan software kompresi lain menghasilkan ukuran kompresi yang jauh lebih baik.
  2. Hasil kompresi dengan menggunakan Kgb Archiver tidak selalu berhasil mengkompres file yang ukuran yang sangat besar, sehingga hasil kompresi dengan menggunakan Kgb Archiver harus selalu dicek ulang apakah hasil kompresi sudah baik atau corrupt.
  3. Dari segi waktu proses kompresi dengan menggunakan format archive Kgb membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses kompresi file dibandingkan dengan software kompresi lain.
  4. Penggunaan format archive Kgb baik dalam kompresi file namun karena format tersebut tidak standar maka akan terjadi kesulitan dalam ekstrak data bagi pihak lain.

Terimakasih telah menyimak, semoga membantu. @wawanhn



No comments