Breaking News

Membuat Bootable USB Linux Ubuntu

Dalam menginstal sebuah sistem operasi kita dapat menggunakan berbagai media seperti CDROM, Jaringan, atau Flasdisk. Dengan menggunakan media flasdisk dirasa lebih efektif dan nyaman. Oleh karena itu pada tulisan ini akan membahas bagaimana membuat bootable usb untuk sistem operasi Linux.


Ada banyak cara yang digunakan dalam membuat bootable baik Linux maupun Windows, baik yang menggunakan software ataupun dengan cara manual menggunakan command prompt. Kali ini akan dibahas cara membuat bootable Linux dengan menggunakan sebuah software hal ini dengan pertimbangan bahwa menggunakan software sangat lebih mudah.

Ada dua hal yang harus disiapkan untuk membuat bootable Linux ini yaitu:
  1. File instalasi Linux dalam bentuk ISO bisa di download disini, pilih sesuai dengan spek komputer kita apakah mau menggunakan versi 64 bit atau 32 bit. Jika komputer kita hanya mempunyai spek processor tipa lama dan memori dibawah 2 GB maka sebaiknya menggunakan versi 32 bit supaya tidak terasa lambat.
  2. Software Unetbootin sebagai pembuat bootbale Linux, bisa didownload disini.

Langkah yang dilakukan dalam membuat bootable Linu adalah sebagai berikut:

  • Instal software Unetbootin dan setelah selesai buka program tersebut.
  • Kemudia seting dalam software Unetbootin sebagai berikut. Seting jenis linux yang digunakan (menggunakan Ubuntu) dan tentukan jenis Ubuntu yang akan dibuat bootable. Sebelumnya kita telah mengunduh versi ubuntu dalam bentuk ISO, maka pada bagian inputan pilih file ISO linux Ubuntu. Yang terakhir tentukan drive flash disk yang akan digunakan sebagai bootable usb. Setelah semua seting dilakukan kemudian klik OK.

  • Tunggulah proses pembuatan bootable Linux sampai dengan selesai.
  • Setelah proses selesai maka lakukan restart sehingga usb bisa digunakan untuk instalasi Linux.
  • Terakhir pada saat akan menginstal Linux, sebelumnya seting di bios supaya komputer bisa boot dari usb sehingga bisa menginstal Linux dari usb.
Terimakasih telah menyimak tulisan sederhana ini, dan semoga bermanfaat. @wawanhn

Referensi: http://plusmint.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-bootable-linux-dengan-usb.html

No comments