Sunday, May 31, 2015

Mengenal Bahasa Python

Dengan banyaknya jenis bahasa pemrograman yang ada saat ini, mungkin menimbulkan pertanyaan kenapa harus memilih menggunakan Python. Python sebagai bahasa pemrograman baru namun telah berkembang sedemikian pesat sehingga termasuk salah satu bahasa skrip yang terpopuler. Ada beberapa keungulan Python sehingga menjadi populer seperti sekarang ini yaitu Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum yang dioptimalkan pada kualitas perangkat lunak, produktifitas pengembangan, portabilitas program, dan integrasi komponen (Lutz M., 2009):


      Kualitas software, sebagai bahasa scripting Python menekankan dalam kualitas software dibanding beberapa bahasa scripting lain dalam hal readable, reusable, dan maintable. Python mendukung konsep Object Oriented Programming (OOP) sehingga kode skrip Python sangat baik dalam hal maintain dan reusability. Python didesain menurut konsep kesederhanaan dan kemudahan pembacaan kode skrip dan merupakan model pemrograman yang sangat mudah dipahami (logis).

   Produktivitas dalam Pengembangan, dengan menggunakan Pyhton produktivitas pengembangan menjadi lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan bahasa C, C++, dan Java dalam proses compile kode skrip. Ukuran Skrip kode Python biasanya lebih sedikit satu sampai lima kali lipat dibandingkan dengan menggunakan bahasa C++ atau Java. Dengan demikian pada Pyton memutuhkan waktu yang lebih sedikit dalam proses debug, maintain, dan compile. Prinsif Python tentang simple syntax, dynami typing, lack of compile steps, dan built-in toolset benar-benar telah meningkatkan produktivitas dalam pengembangan.

    Portabilitas Program, sebagian besar program yang dibuat dengan Python berjalan di berbagai perangkat atau pun sistem operasi atau platform yang berbeda tanpa harus mengubah kode skrip.

       Dukungan Librari, Python hadir dengan dukungan koleksi librari yang sangat besar dengan berbagai fungsi yang di dukung dalam librari standar. Selain didukung oleh standar librari yang banyak, Python juga dapat ditingkatkan oleh dukungan librari dari software aplikasi pihak ketiga.

     Integrasi Komponen, kode skrip Python dengan mudah dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain dengan mekanisme tertentu. Python dapat digunakan sebagai tool  dalam melakukan kostumisasi  sebuah produk atau sebagai tool yang mempunyai fungsi yang telah dikembangkan lebih lanjut. Saat ini Python dapat memanggil librari C dan C++ serta dapat dipanggil dari program C atau C++. Python juga dapat diintegrasikan dengan komponen Java dan .Net.

        Kenyamanan, karena  kemudahan dalam menggunakan Python merupakan salah satu nilai lebih yang tidak dapat dinilai sebagai salah satu keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Python sebagai "Scripting Language"
Python merupakan bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose yang biasa diaplikasikan dalam kegiatan skripting. Biasa disebut sebagai object oriented scripting language yang menggambarkan Python sebagai bahasa scripting yang mendukung OOP.

Kode skrip Python lebih dikenal sebagai bahasa scripting dibanding sebagai sebuah bahasa pemrograman. Kata scripting menunjukan sebuah file kode program sederhana sedangkan program menunjukan pada aplikasi canggih yang membutuhkan banyak file untuk membangunnya. saat orang mendengan Python sebagai bahasa skrip terbayang bahwa Python ditulis dan dijalan kan dengan menggunakan konsol program untuk menjalankan perintah atau rutinitas tertentu. Namun sebenarnya itu hanyalah salah satu fungsi dari penggunaan Python yang sangat luas. Python sering disebut sebagai bahasa scripting karena kemudahan dalam menggunakan komponen atau kostumisasi komponen perangkat lunak lain.








Previous Post
Next Post

0 comments: