Friday, May 29, 2015

Mengembalikan Folder atau File yang di Hidden Virus dengan Command Prompt Windows

Sering kali saya menjumpai dan mengalami setelah menggunakan flashdisk di kompter Warnet atau komputer orang lain yang mungkin terinfeksi virus kemudian pada saat dibuka flasdisk tersebut di komputer lain ternyata isinya kosong.

Pada saat itu ketika di dalam flasdisk tersebut berisi data penting yang mungkin lupa di back up bisa saja langsung panik dan stress. Namun jangan panik dan stress dulu bisa jadi folder atau file yang terdapat di flasdisk tersebut di sembunyikan (hidden) oleh virus salah satunya virus short cut.



Untuk mengecek apakah folder atau file kita disembunyikan virus, maka lakukan klik kanan pilih properties pada flasdisk tersebut sehingga terlihat apakah flasdisk tersebut ada datanya atau tidak. Hal tersebut terlihat dari ukuran data yang ada dalam flasdisk dan sisa ruang yang tersedia.



Seperti gambar diatas terlihat bahwa flashdisk kita terpakai 2,23 GB, namun saat kita lihat isinya ternyata dalam flasdisk tersebut kosong dan pada saat kita ganti seting di folder option untuk menampilkan semua data yang di hidden ternyata isi flasdisk tetap kosong. Inilah salah satu indikator flasdisk kita terkena virus hidden.

Untuk menghilangkan virus tersebut kita bisa scan flasdisk kita dengan beberap software anti virus MSE, Avira dll namun adakalanya virusnya berhasil dihapus namun data nya tetap gak muncul, nah ini masih jadi masalah. Ada alternatif menggunakan anti virus seperti Smadav untuk mengembalikan  data yang yang di sembunyikan dan biasanya berhasil.

Namun sebenarnya tanpa menggunakan anti virus kita bisa mengembalikan data yang di hidden tersebut dengan menggunakan perintah command prompt di windows.

Menggunakan Perintah Attrib
Perintah Attrib merupakan perintah yang ada dalam DOS yang dapat digunakan dalam command prompt di Windows. Perintah ini digunakan untuk merubah atribut dari suatu file atau folder. Sintak umunya adalah seperti ini:

attrib [+r -r ] [+a -a] [+s -s] [+h -h]  [[drive:] [path] filenamen] [/s [/d]]

keterangan:
  • +  : untuk menambah sebuah atribut dalam sebuah folder atau file.
  • -   : untuk menghilangkan sebuah atribut dalam sebuah folder atau file.
  • r   : atribut read only, file dengan atribut read only hanya dapat dibaca saja tanpa bisa merubah isi filenya. Atribut ini digunakan untuk menajaga file tersebut dari modifikasi pihak lain.
  • a   : atribut archive, atribut archive berguna sebagai penanda bahwa file ini merupakan backup copy dari file aslinya. File dengan atribut archive akan ditampilkan seperti file biasa.
  • s   : atribut sistem, atribut ini menunjukan bahwa file tersebut merupakan file sistem. File dengan atribut sistem akan dianggap sebagai file yang sangat dilindungi keberadaanya dalam sistem, serta dianggap sebagai file tersebut dibutuhkan untuk sistem dapat berjalan. File ii akan disembunyikan meskipun pada tool option di seting show hidden file.
  • h   : atribut hidden, file dengan atribut ini tidak akan ditampilakan (disembunyikan) pada saat dilihat di windows explorer.
  • /s  : memproses perintah dalam semua file dalam setiap direktori.
  • /d  : memproses perintah terhadap direktori.

Dari penejelasan perintah DOS diatas kita dapat menggunakan perintah attrib tersebut untuk mengembalikan file atau folder yang di hidden.

Caranya buka command prompt di windows, dan masuk ke drive dari flash disk yang akan kita tampilkan data yang di hidden virus.

Setelah masuk ke drive flash disk kemudian ketikan perintah berikut: attrib -s -h *.* /s /d kemudian ketik enter.


Penjelasan dari perintah tersebut adalah pada drive D (anggap drive D adalah flashdisk) kita akan merubah atribut dalam file dan folder, yaitu: menghilangkan atribut sistem (-s) dan atribut hidden (-h) pada semua direktori (/d) dan isi direktori (/s).

Setelah kita menggunakan perintah attrib tersebut maka semua file dan folder yang ada dalam flashdisk tersebut dapat dilihat kembali.

Sekian tulisan singkat ini, terimakasih telah menyimak dan semoga bermanfaat. @wawanhn.

Referensi: 
https://perkom187.wordpress.com/atribut-file/        
http://mediabisnisonline.com/cara-menampilkan-filefolder-yang-disembunyikan-virus-di-windows-anda/




Previous Post
Next Post

1 comments:

Satria said...

Sering kali saya menjumpai dan mengalami setelah menggunakan flashdisk di kompter Warnet atau komputer orang lain yang mungkin terinfeksi virus kemudian pada saat dibuka flasdisk visit to ludoetommy.it