Mengenal Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)

Sistem Pendukung keputusan biasa disingkat SPK dalam bahasa inggris disebut Decision Support System merupakan sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif yang dapat digunakan manajemen atau pengambil kebijakan dalam menangani berbagai permasalahan berhubungan dengan pengambilan keputusan.


DSS digunakan untuk memecahkan permasalahan yang bersifat terstruktur dan semi terstruktur. Artinya DSS digunakan pada level manajer tingkat menengah yang biasa berhubungan dengan data terstrukur dan semi terstruktur, dan bukan diperuntukan secara langsung untuk top level manajemen. Karena pada top level mananajemen dalam menentukan keputusan atau menangani permasalahan dipengaruhi oleh data atau informasi yang tidak terstruktur atau abstrak.

Tujuan utama dari DSS adalah untuk menghasilkan berbagai alternatif dari pengolahan data dan informasi dengan menggunakan berbagai model tertentu. Dengan demikian sebuah DSS dapat disebut sebagai sistem informasi komputer yang menghasilkan alternatif keputusan dengN berbasis model.

Alternatif keputusan dalam suatu DSS harus lebih dari satu, hal ini dikarenakan DSS berfungsi sebagai tool yang menyediakan pilihan yang mungkin bisa diambil bagi seorang pengangbil keputusan. Hal yang harus diperhatikan dalam sebuah DSS adalah model, hal ini karena DSS berbasis model-model yang menghasilkan alternatif-alternatip pilihan. Inilah salah satu komponen penting dalam DSS.

Tiga komponen utama dalam DSS yaitu Basis data, basis model, dan user interface. Basis data berhubungan dengan bagaimana melakukan manajemen data sebagai bahan input, proses, dan output DSS. Komponen basis model merupakan kumpulan dari beberapa model yang digunakan dalam melakukan proses terhadap data sehingga menjadi informasi (alternatif keputusan). Dan yang terakhir adalah user interface merupakan media yang menjembatani antara sistem komputer dengan user sehingga sebuah DSS dapat digunakan dan dimengerti oleh manusia. Dengan user interface seorang pengguna tidak harus mengetahui segala proses rumit yang terjadi dalam sebuah sistem DSS.

DSS telah sangat banyak digunakan dalam berbagai bidang dan sangat membantu bagi pihak manajemen dalam menangani permasalahan.

Dengan semakin kompleksnya permalahan saat ini, maka perkembangan DSS juga semakin berkembang yang awalnya hanya digunakan dalam pengambilan keputusan yang bersifat konvensional, saat ini berkembang dalam menangani permasalahan yang bersifat komples dan berbais keruangan (spasial) dengan Spasial Decision Support System (SDSS).

Terdapat bayak metode atau pemodelan yang digunakan dalam pembuatan DSS, diantaranya AHP(Analytical Hyrarchical Proses), Fuzzy, SMART, PCI, dan lain-lain.

Dalam tulisan berikutnya kita akan membahas mengenai metode atau model dalam DSS dan SDSS. Terimakasih telah menyimak tulisan singkat dan sederhana ini. @wawanhn


Previous
Next Post »
0 Komentar