Thursday, May 28, 2015

Menampilkan Citra Satelit Bing di ArcGIS

Bagi yang sering menggunakan citra satelit bing buatan microsoft untuk keperluan analisis atau tampilan, pasti akan berhubungan dengan bagaimana download citra dan merektifikasi citra tersebut sehingga bisa dengan mudah digunakan dengan data lain.

Pada saat kita telah mendownload citra satelit bing kadang terdapat kesulitan dalam melakukan rektifikasi citra tersebut, sehingga menjadi masalah pada saat akan mengolah data tersebut dalam perangkat lunak GIS.


Saat ini citra satelit bing, openstreet dan lain-lain semakin baik resolusinya untuk wilayah Indonesia, dengan demikian data citra tersebut dapat kita gunakan dalam melakukan analisis atau interpretasi tertentu. Tanpa mengeluarkan biaya yang mahal kita dapat mengerjakan analisis tertentu dan metode ini pula efektif dilakukan sebagai analisis pendahuluan sebelum melakukan analisis lebih lanjut terhadap citra satelit yang lebih baik.

Dengan menggunakan perangkat lunak ArcGIS kita bisa melakukan menampilan data citra satelit bing, openstreet map dengan mudah, dengan demikian akan mempermudah download data dan proses rektifikasi citra.

Untuk menampilkan citra satelit google earth, bing, open street map dan lain-lain diperlukan Addon ArcGIS ArcBruTile yang dapat di download disini (untuk versi ArcGIS 10 ke atas). Dan untuk versi ArcGIS 9.3 download Addon disini.

Untuk menjalankan Addons tersebut instal ArcBruTile tersebut sampai dengan selesai. Kemudian buka ArcMap. 

Di ArcMap kemudian klik kanan di bagian luar toolbar sehingga menampilkan menu-menu toolbar. Kemudian pilih ArcBruTile seperti pada gambar di bawah.


Setelah toolbar ArcBruTile di pilih maka toolbar ArcBruTile ditampilakan di layar ArcMap. Pada toolbar tersebut terdapat beberapa menu untuk menampilkan berbagai jenis data yaitu citra satelit bing, open street map, stamen, mapbox dan lain-lain.


Dari toolbar itulah kita dapat menampilkan berbagai data citra di layar ArcMap. Dan kita bisa melakukan overlay dengan data yang kita punya. Misalkan pada saat ini saya akan menampilkan citra bing di layar.

Sebagai catatan diperlukan koneksi yang stabil untuk menampilkan citra tersebut, karena pada koneksi yang kurang stabil biasanya akan mengakibatkan ArcGIS error.


Dengan ArcBruTile kita dapat dengan mudah melakukan analisis dari citra bing atau data lainnya karena data yang ditampilkan sudah bisa langsung dioverlaykan dengan vektor-bektor yang kita miliki. ArcBruTile akan sangat membantu kita dalam melakukan interpretasi atau pada saat hanya sekedar membutuhkan tampilan saja.

Terimakasih telah menyimak tulisan sederhana ini, berikutnya akan coba dibahas cara mendownload citra satelit bing, open street map dan lain yang ada di ArcBruTile yang langsung tergeorektifikasi, sehingga kita tidak perlu melakukan registrasi citra. @wawanhn



Previous Post
Next Post

0 comments: