Thursday, April 23, 2015

Menghapus vektor yang duplikat di ArcGIS


Kali ini saya akan berbagi bagaimana menghapus vektor ataupun atribut yang duplikat (overlap) di ArcGIS. Hal ini bermanfaat ketika kita punya sebuah layer yang terdiri dari banyak rekord yang mana didalamnya layer tersebut terdapat rekord yang duplikat ataupun ketika kita mempuyai layer yang mempunyai suatu objek vektor bertumpuk (overlap) dan vektor yang duplikat tersebut ingin dihapus sehingga menyisakan satu objek vektor saja.

Untuk mengatasi permasalahan ini di ArcGIS kita bisa menggunakan sebuah fungsi yang bernama Delete Identical dari arctoolbox. Fungsi ini akan menghapus objek atau atribut yang duplikat menurut data field yang diidentifikasi.  

Misalkan saya punya sebuah layer point1 yang berisi data dimana dalam vektornya ada yang overlap dan begitu juga atributnya ada yang sama (duplikat).


Dalam layer point tersebut memiliki atribut yang mempunyai nilai yang sama dan berbeda pada sebuah vektor yang overlap.


Dari layer tersebut kita akan melakukan skenario sebagai berikut:
1. Menghapus vektor yang overlap,  
2. Menghapus nilai atribut yang sama (duplikat),

Untuk skenario 1, kita gunakan tool Delete Identical dari tool Data Management Tools, General. 


Pada bagian input dataset pilih layer yang akan di proses, dan pada bagian Field(s) pilih SHAPE, sehingga semua vektor yang overlap akan dihapus.


Untuk skenario 2, kita hanya akan menghapus atribut yang duplikat dan menyisakan satu rekord.


Pada layer point diatas terdapat beberapa vektor yang overlap namun ada yang mempunyai nilai atribut yang sama ataupun berbeda. 


Pada bagian Field(s) pilih field Name, sehingga akan dihapus rekord yang mempunyai nilai atribut yang sama, sehingga hanya satu rekord yang tersisa.


Hasilnya pada field Name hanya akan dihapus rekord yang nilai atributnya sama, dan vektor yang overlap tidak akan dihapus karena atributnya berbeda. Terimakasih semoga membantu @wawanhn.

Jika ingin mendownload tulisan dalam bentuk pdf klik disini.


Previous Post
Next Post

0 comments: