Merubah Proyeksi SRTM di QGIS


SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) merupakan data citra yang mempunyai nilai elevasi yang merepresentasikan topografi di permukaan bumi dengan cakupan global. Data SRTM diluncurkan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration). Saat ini data srtm disediakan secara gratis oleh USGS bahkan untuk elavasi yang detail (30 meter). Untuk mengetahui cara download data SRTM bisa baca disini.

Pada saat prosesing data srtm, adakalanya memerlukan data tersebut dengan proyeksi UTM. Karena sebelumnya biasanya menggunakan sistem koordinat geografi (latitude - longitude). Pada tulisan ini saya akan berbagi cara melakukan proyeksi dari sistem koordinat geografi menjadi menggunakan proyeksi UTM.

Caranya buka QGIS dan tambahkan layer SRTM tersebut kemudian klik kanan properties sehingga kita bisa melihat sistem koordinat pada tan General. Kemudian kita pilih menu Raster -> Projections  -> Wrap ((Reproject) sehingga tampil windows seperti berikut.


Pada bagian Outpul file set nama file hasil proses reprojection. Dan pada bagian Target SRS tentukan sistem proyeksi baru untuk SRTM tersebut kemudian klik OK dan tunggu sampai ada informasi proses selesai dilakukan.

Jika langkah tersebut sukses maka kita telah melakukan perubahan proyeksi SRTM tersebut dan siap dilakukan untuk proses selanjutnya. Terima kasih semoga bermanfaat. @wawanhn
Previous
Next Post »
0 Komentar

Add

Loading...