Breaking News

Install pip di Windows

PIP merupakan Package Management System yang digunakan untuk mengunduh dan mengelola package Python. Dengan menggunakan pip kita dapat dengan mudah mengunduk paket-paket atau modul-modul Python. Ada ribuan package yang bisa kita temukan di PyPI semacam apt-get kalau kita main di linux. Bagi yang menggunakan bahas pemrograman python fasilitas yang disediakan pip sangat berguna dalam mendowload paket-paket yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi berbasis Python. Karena pada saat kita menggunakan atau menginstal Python tidak semua paket atau modul yang dibutuhkan untuk aplikasi tertentu membutuhkan upaya tambahan untu menambahkan paket atau modul dalam Python. Berikut saya share cara install pip di Windows.



  • Download get-pip.py pada web tersebut.
  • Instal file get-pip.py tersebut dengan cara membuka file tersebut (open with) dengan Python.exe atau dengan cara menjalankan dengan command prompt ketikan pertintah python get-pip.py yang dijalankan dalam folder yang terdapat file get-pip.py tersebut.
  • Kemudian set PATH dalam environmental variabel ke tempat dimana pip.exe berada, disini saya menggunakan Python bawaan dari ArcGIS maka lokasi path tersebut berada di C:\Python27\ArcGIS10.3\Scripts. Namun jika kita mengunstal Python secara manual biasanya pathnya berada di C:\Python27\Scripts. Lihat gambar di bawah

  • Untuk mengecek instalasi pip apakah berhasil dilakukan di komputer kita ketika perintah pip id command prompt. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat hasil eksekusi dari perintah pip.


Terimakasih telah menyimak dan semoga bermanfaat. @wawanhn


No comments