Mengenal Topology dalam ArcGIS


Salah satu pertimbangan dalam pembuatan geodatabase atau database spasial dalam ArcGIS adalah untuk meningkatkan integritas dari data. Dengan demikian dengan menggunakan geodatabase kualitas data secara spasial dan non spasial menjadi lebih terjaga dibandingkan dengan menggunakan format standar shapefile (shp). Salah satu fitur yang terdapat dalam geodatabase berbasis ArcGIS adalah Topology. Topology inilah yang digunakan dalam geodatabase sehingga dapat meningkatkan integritas dari data yang dimiliki atau disimpan dalam geodatabase.


Topology merupakan fitur yang digunakan untuk memodelkan hubungan spasial antara feature class dalam sebuah dataset. Dengan menggunakan topology diharapkan data spasial dalam sebuah dataset menjadi terjaga karena sudah dimodelkan atau didefinisikan hubungan atau aturan dalam geodatabase tersebut terhadap data spasial yang berada dalam satu dataset.

Topology bekerja dengan mendefinisikan rule-rule yang menjadi model yang menjelaskan dan mengatur hubungan antar data spasial. Dalam geodatabase ArcGIS terdapat rule-rule yang dapat didefinisikan terhadap data yang berada dalam satu dataset. Rule-rule tersebut dapat dilihat dalam dokumen disini. Dalam pembahasan selanjutnya akan diperlihatkan cara pembuatan dan penggunaan topology dengan menggunakan ArcGIS. Terimakasih. @wawanhn



Previous
Next Post »
0 Komentar