Konversi File Geodatabase ke SHP di ArcGIS

Dalam perangkat lunak ArcGIS saat ini format standar data yang digunakan mulai beralih menjadi berbasis geodatabase baik itu file geodatabase ataupun personal geodatabase setelah sebelumnya menggunakan format shapefile (shp). Dengan berbasis geodatabase maka mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan menggunakan format standar dalam shape file (shapefile). Berbagai keuntungan dari geodatabase diantaranya terjaganya konsistensi data, integrasi data, serta kemampuan dalam multi user editing.


Saat ini saya tidak akan membahas tentang bagaimana membangun geodatabase di ArcGIS, namun akan membahas bagaimana melakukan konversi data yang berformat geodatabase (.gdb) di ArcGIS. Hal ini dikarenakan pada kenyataannya penggunaan data shapefile (shp) masih merupakan format data yang paling banyak kita digunakan dalam analisis.

Misalkan pada saat kita mengunduh data RBI dari BIG yang menyediakan format data GDB sebagai output data yang akan diunduh. File GDB tersebut merupakan format geodatabase dalam ArcGIS yaitu File Geodatabase. File Geodatabase merupakan standar file yang disarankan dalam pengolahan dan manajemen data di ArcGIS. Dalam tulisan berikutnya akan dibahas tentang geodatabase di ArcGIS. Dalam tulisan ini hanya akan membahas bagaimana melakukan konversi GDB ke shapefile, hal ini karena mungkin masih ada yang masih agak asing dengan file berformat GDB ini dan bagaimana menggunakannya karena masih terbiasa menggunakan format shapefile.

Sebenarnya langkah dalam melakukan konversi GDB ke format shapefile dengan menggunakan ArcGIS sangat sederhana langkahnyaa. Untuk melakukan konversi dengan mudah gunakan ArcCatalog. ArcCatalog merupakan salah satu aplikasi ArcGIS yang difokuskan untuk melakukan manajemen data misalanya membuat dan mengubah geodatabase, membuat dan mengubah struktur shapefile dan lain-lain, 

Buka ArcCatalog dengan cara klik All Programs > ArcGIS > ArcCatalog. Kemudian klik icon connect to folder dan koneksikan ke folder tempat file GDB.


Untuk mengkonversi file GDB lakukan klik kanan di file GDB tersebut dan pilih Export > To Shapefile (Multiple). 


Kemudian akan ditampilkan windows Feature Class to  Shapefile (multiple), dalam windows tersebut ditampilkan input data yang akan dikonversi yang merupakan isi dari Geodatabase. Yang kita lakukan adalah mengeset output folder termpat lokasi penyimpanan shapefile hasil konversi. Setelah selesai mengeset lokasi penyimpanan kemudian klik OK. 


Tunggulah proses konversi data tersebut, waktu konversi tergantung seberapa besar file atau jumlah data dalam Geodatabase tersebut. Jika proses konversi selesai maka dalam folder yang telah ditemtukan sebelumnya sebagai output akan terdapat data dalam format shapefile. Dan kita bisa bekerja dengan menggunakan format data shapefile. 


Terimakasih telah menyimak tulisan sederhana ini, semoga membantu. @wawanhn.




Previous
Next Post »
0 Komentar