Tuesday, September 29, 2020

Menggunakan VPN saat Browsing atau Membuka Aplikasi terblock Jaringan

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

VPN kepanjangan dari Virtual Private Network merupakan salah satu cara aman yang digunakan dalam mengakses local area network (jaringan) menggunakan internet atau jaringan umum secara pribadi. Salah satu keguanaan vpn adalah menjaga keamanan dalam berkomunikasi atau pertukaran data dan juga meminimalisir pihak yang tidak berkenan menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) kita.


VPN Menghubungkan komputer ke  internet secara privat sehingga tidak semua komputer bisa terkoneksi dan masuk jaringan ini. Dengan demikian dapat terjaga keamanan jaringan kita dalm bertukar data dan traficnya. Konsep kerja VPN biasanya membutuhkan server yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer.

Banyak aplikasi VPN yang dapat kita gunakan saat berselancar atau menggunakan aplikasi yang di block jaringan. Namun hal ini harus dilakukan dengan bijak hanya untuk membuka atau menggunakan aplikasi yang sebenarnya tidak berbahaya atau baik namun terblok oleh jaringan.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Betternet, sebagai aplikasi VPN yang ringan dan gratis yang dapat di instal sebagai aplikasi komputer maupun di install sebagai addons di browser.

Untuk dapat mendownload aplikasi VPN ini silahkan download DISINI.

Terima kasih sudah menyimak semoga bermanfaat. @wawanhn

Referensi: https://www.it-jurnal.com/pengertian-vpn-virtual-private-network/

Previous Post
Next Post

0 comments: