Breaking News

Konversi File SHP ke Postgresql dengan menggunakan file SQL


Saat kita membuat geodatabase dengan mengggunakan PostgreSQL kita akan menginputkan data dari berbagai format data GIS. Salah satu format data yang paling sering digunakan adalah shapefile (shp). Bagaimana memasukan atau konversi data tersebut ke PostgreSQL akan saya bahas dalam tulisan ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menginput data atau file shp ke geodatabase  PostgreSQLdigunakan adalah dengan menggunakan file .SQL,  yaitu sebagai berikut:


  • Misal dalam latihan ini akan menginput data spasial Batas_Kecamatan.shp, maka letakan file shp tersebut dalam sebuah folder kerja kita.
  • Kemudian dengan menggunakan command prompt ketikan perintah dengan format shp2pgsql -I [nama file shp] public.[nama table] > [nama output file .sql] dalam langkah ini saya ketikan perintah shp2pgsql -I Batas_Kecamatan.shp public.Batas_Kecamatan > Batas_Kecamatan.sql


  • Setelah perintah tersebut makan dihasilkan file Batas_Kecamatan.sql dalam folder kerja. Selanjutnya adalah mengkonversi file .sql menjadi sebuah tabel di PostgreSQL. Dalam latihan kali ini kita akan mengkonversi file .sql menjadi tabel dengan nama Batas_Kecamatan dalam database yang ada di Server PostgreSQL. Misal dalam hal ini saya simpan di database Test (jika belum ada database dengan nama Test, maka sebelumnya buat dulu database tersebut). Ketikan perintah dengan format: shp2pgsql -U [username] -f [nama file .SQL] -d [database]. Dalam langkah ini ketikan perintah shp2pgsql -U postgres -f Batas_Kecamatan.sql -d Test.
  • Jika perintah tersebut berhasil di eksekusi maka selesailah mengkonversi file shapefile (shp) kedalam geodatabase PostgreSQL dengan menggunakan file .SQL. Untuk melihat hasilnya dapat dilihat dengan menggunakan PgAdmin atau dengan menggunakan perintah di command prompt.
  • Untuk perintah di command prompt ketikan: psql -U postgres -d Test. Dengan penjelasan bahwa postgres adalah nama username dan Test adalah nama database. Dan setelah masuk ke database Test, silahkan ketikan \dt untuk melihat tabel-tabel yang ada dalam database, seperti terlihat dalam gambar di bawah.

Demikian tulisan singkat ini, di tulisan selanjutnya akan memaparkan cara konversi shapefile (shp) ke dalam PostgreSQL dengan cara lain. Semoga bermanfaat @wawanhn 

No comments