Breaking News

Download DEM SRTM Gratis

SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) adalah sebuah citra yang memiliki data elevasi yang merepresentasikan topografi permukaan bumi dengan cakupan global(80% luasan dunia). Data SRTM merupakan data elevasi muka bumi yang dihasilkan dari satelit yang diluncurkan NASA (National Aeronautics and Space Administration). SRTM dapat digunakan untuk melengkapi informasi ketinggian dari peta 2 dimesi (kontur, profil) (Lili Somantri,). Data SRTM ada berbagai ketelitian data dari mulai 90 meter sampai 15 meter. Untuk versi 90 meter dan 30 meter saat ini sudah tersedia gratis untuk wilayah Indonesia.

SRTM 30 meter dapat kita download secara gratis dan dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan ketinggian dengan sangat baik, misal membuat slope, kontur, TIN, aspec, flow accumulation, sungai, DAS dan lain-lain. Berbagai keunggulan dari SRTM adalah sebagai berikut:

  • Gratis   : SRTM tersedia secara gratis yang meliputi hampir seluruh dunia yang dapat didownload dengan mudah.
  • Digital  : File SRTM hasil download merupakan file digital yang mudah diolah dengan  software GIS misal ArcGIS, Global Mapper dll.
  •  Resolusi : Resolusi SRTM untuk wilayah Indonesia sudah tersedia dengan resolusi tinggi yaitu 30 meter yang dapat didownload dengan gratis. Dari data tersebut dapat digunakan untuk pengolahan data untuk skala lokal dan global.
Okey langsung saja bagaimana cara download SRTM secara gratis di http://earthexplorer.usgs.gov/.

Silahkan baca tulisan Download Citra Landsat Gratis Bagian 2 untuk download citra Landsat Gratis.

Sebelum melakukan download citra sebaiknya kita telah registrasi terlebih dahulu dengan melakukan klik di menu register. Hal ini dilakukan agar kita dapat mendownload raw data citra landsat yang masih dalam band-band yang terpisah. Karena kalo kita download citra tanpa melakukan login terlebih dulu maka hanya kan mendapatkan data dalam bentuk jpeg atau geotif  bukan data mentah yang masih terpisah band-band nya. Lakukan langkah-langkah pendaftaran sesuai yang dikehendaki oleh website sampai pendaftaran selesai.


Langkah dalam melakukan download citra landsat adalah sebagai berikut:

  • Lakukan login terlebih dulu di website.
  • Tentukan kriteria pencarian dalam tab Search Criteria dengan memilih daerah yang ingin didownload salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat batas area of interest dengan menggunakan mouse klik kiri buat sebuah kotak atau bisa dengan memasukan koordinat (Add Coordinates).

  • Selnajutnya tentukan kriteria pencarian untuk data SRTM dalam tab Datasets pada bagian Data Elevation->SRTM dengan cara memilih tipe SRTM 1 Arc-Second Global untuk data SRTM 30 meter, seperti dalam gambar dibawah

  • Setelah ditentukan daerah AOI dan Datasets yang diinginkan kemudian klik button Search. dan jika data yang diinginkan tersedia maka ditampilkan dilayar

  • Jika terdapat data maka kita dapat melihat quicklook data tersebut berada di area mana dengan melakukan klik di button Show Browse Overlay disebelah kiri seperti pada gambar diatas. Kemudian jika data tersebut sudah sesuai dengan apa yang dicari  maka kita dapat melakukan download dengan melakukan klik pada button Download Options sehingga ditampilkan pilihan data yang akan di download

  • Dalam pilihan download tersebut terdapat tiga pilihan data yaitu BIL, DTED dan Geotiff. Data yang biasa digunakan dengan mudah oleh software GIS adalah geotif. 
Hasil download data tersebut kemudian dapat diolah dengan software GIS misal ArcGIS untuk menghasilkan data lain yang akan digunakan dalam projek pekerjaan kita.

Demikianlah tulisan cara download DEM SRTM gratis, semoga bermanfaat. Terima kasih telah menyimak. @wawanhn





No comments