Breaking News

Cara Menangani Error Uninstall Program di Windows, Studi Kasus: ArcSWAT

Ada beberapa kejadian pada saat kita install suatu program di Windows berjalan dengan baik kemudian suatu ketika kita ingin uninstall program tersebut namun terdapat error atau tidak berhasil dan selalu ada informasi bahwa uninstall tidak bisa dilakukan karena ada error load file yang akan di uninstall.

Dalam contoh kasus yang sering terjadi adalah pada pengguna program ArcSWAT dan ArcGIS. Kejadian error biasa terjadi pada saat dalam komputer kita terdapat ArcGIS dan ArcSWAT kemudian kita akan mengupgrade ArcSWAT atau ArcGIS ke versi yang lebih tinggi. Yang sering menjadi kesalahan yang bikin error adalah ketika kita uninstall program ArcSWAT dan ArcGIS dengan urutan uninstall yang salah. Urutan yang salah ini adalah kita uninstall ArcGIS terlebih dahulu kemudian uninstall ArcSWAT.

Hal ini pernah terjadi di komputer saya ketika mengunistall program tersebut saya unistall program ArcGIS terlebih dahulu dengan asumsi bahwa software ArcGIS sebagai program induk dari ArcSWAT dan ukurannya yang sangat besar harus didahulukan. Dan hasilnya pada saat saya lakukan unistall ArcSWAT terdapat Error 1001. Error ini dapat dijumpai dalam berbagai forum terutama para pengguna program ArcGIS dan ArcSWAT. Detail error yang biasa muncul adalah sebagai berrikut:

Error 1001.  Unable to get installer types in the C:\Program Files (x86)\SWAT\ArcSWAT\SWAT_HRUs.dll assesmbly --> Unable to load one or more of the requested types.  Retrieve the LoaderExceptions property for more information.

Untuk menangani masalah ini cukup sederhana yaitu dengan menggunakan aplikasi dari microsoft yang dapat diunduh disini.

Cara penggunaanya yaitu dengan menjalankan aplikasi tersebut

  1. Jalan aplikasi tersebut sehingga tampil gambar di bawah kemudian klik Next
  2. Kemudian otomatis aplikasi melakukan deteksi terhadap error yang terjadi pada saat install atau uninstal program
  3. Kemudian tampil windows yang menampilan apakah yang akan dilakukan untuk menangani error dalam install atau uninstall, dalam hal ini saya pilih Uninstalling untuk melakukan uninstall ArcSWAT yang sebelumnya tidak bisa diuninstall  
  4. Pilih program ArcSWAT yang ingin di uninstall
  5. Kemudian pilih Menu, Yes, try uninstall untuk menguninstall ArcSWAT supaya tidak error
  6. Jika masalah tersebut selesai ditangani maka akan tampil informasi windows seperti dibawah dan artnya permasalahan uninstall berhasil ditangani 
Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menangani error dalam uninstall program-program lain di Windows dengan melakukan langkah-langkah seperti disampaikan diatas.

Terimakasih sudah menyimak semoga bermanfaat. @wawanhn



No comments