Breaking News

Menghapus Kolom ArcMap secara Otomatis


Dalam bekerja dengan perangkat lunak ArcGIS kita akan bersinggungan dengan berbagai format data baik itu vektor ataupun raster. Dalam data vektor atau raster tersebut terdapat sebuah tipe data yang terkait di dalamnya yaitu data non-spasial atau biasa disebut data tabular. Satu objek vektor bisa mempunyai beberapa bahkan banyak atribut yang terkait didalamnya, terkadang tidak semua atribut tabel tersebut kita butuhkan. Dengan demikian kita perlu menghapus kolom-kolom tabel tertentu. Jika tabel yang akan kita hapus hanya beberapa, dengan mudah kita bisa melakukan penghapusan secar manual dengan cara melakukan klik kanan di atas judul kolom lalu pilih delete field.

Namun ketika jumlah kolom tabel yang akan dihapus sangat banyak, maka akan kerepotan jika dilakukan dengan cara manual. Sebagi contoh jika kita bekerja dari data hasil konversi dari format software lain, maka terdapat banyak atribut atau kolom yang dihasilkan yang pada dasarnya tidak terlalu diperlukan. Dengan menggunakan ArcToolbox maka kita bisa melakukan penghapusan kolom secara otomatis untuk sejumlah atau seluruh kolom dari tabel tersebut. Toolbox yang digunakan adalah delete field dari data management.



Jika kita pilih toolbox delete field kemudian pilih layer yang akan dihapus kolomnya dan tentukan kolom-kolom apa saja yang ingin dihapus kolomnya kemudian klik OK.



Terima kasih semoga bermanfaat. @wawanhn

No comments