Wednesday, December 16, 2015

Install Microframework Flask untuk Aplikasi Web di Windows

Flask merupakan microframework berbasis Python untuk membuat aplikasi web. Flask dibuat dengan toolkit wsgi dan Jinja2. Flask dibuat dan dimaintain oleh Armin Ronacher dan pertama kali dirilis tahun 2010.  Aplikasi web yang dibuat dengan Flask disimpan dalam satu berkas .py. Flask ingin menjadi web framework yang sederhana namun dapat diperluas dengan beragam pustaka tambahan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Flask memang belum mencapai versi 1.0 namun dokumentasi yang dimilikinya sangat-sangat lengkap, anda dapat menemukan contoh kode maupun penjelasan penggunaan Flask melalui laman dokumentasinya disini.
Pada saat akan menginstal Flask terlebih dahulu dalam komputer kita sudah diinstal Python. Dan pada saat ini akan digunakan pip (untuk langkah instal pip lihat disini)untuk instalasi Flask Langkah-langkah instalasi adalah sebagai berikut:

  • Buka command prompt dan ketikan perintah: pip install virtualenv
  • Membuat direktori atau folder untuk aplikasi kita dengan cara mengetikan perinta: mkdir myproject, misal saya buat folder myproject di drive C. Tulisan myproject dapat diganti dengan nama sesuai keinginan kita.
  • Kemudian ketikan perintah untuk masuk ke dalam folder myproject: cd myproject. Kemudian ketikan perintah: virtualenv flask.
  • Setelah perintah tersebut dieksekusi maka dalam folder myproject akan dibuat folder flask yang berisi folder Include, Lib, dan Scripts seperti terlihat dalam gambar di bawah.
  • Kemudian ketikan perintah untuk menginstal flask sebagai berikut: flask\Scripts\pip install flask
  • Buat direktori app di folder myproject dengan perintah: mkdir app
  • Kemudian masuk ke folder app dan buat folder baru bernama: static, templates dengan perintah mkdir. Sehingga dalam folder app terdapat folder static dan template.
  • Maka pada tahan ini kita telah selesai melakukan instalasi flask di windows dan siap digunakan.
Setelah instalasi selesai selanjutnya kita kan mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mengetes apakah benar flask sudah bisa dijalankan di komputer kita. Dengan menggunakan editor atau bis amenggunakan IDLE kemudian buat file .py yang d berisi sebagai berikut:

from flask import Flask

app = Flask(__name__)

@app.route('/')

def index():
    return "Hello WOrld!"

if __name__ == "__main__":
    app.run(debug = True)

Di bawah ini penampakan kode program Python dengan menggunakan IDLE disimpan di folder myaproject\app dengan nama file __init__.py script python

Selanjutnya masuk ke folder myproject\flask\Scripts. Kemudian ketikan perintah: activate

Kemudian ketikan perintah 
    cd \
    cd myproject
    cd app
    python __init__.py


Terlihat dalam komputer kita telah dijalankan server untuk menampilkan aplikasi web yang sudah dibuat. Kemudian buka browser dan ketikan: 127.0.0.1:5000 atau localhost:5000.

Terimakasih telah menyimak dan semoga membantu. @wawanhn






Previous Post
Next Post

0 comments: