Wednesday, October 28, 2015

Membuat vektor dengan menggunakan fungsi Convert Graphics To Features di ArcMap


Sebuah vektor dapat dibuat di ArcMap secara cepat dengan menggunakan fungsi Convert Graphics to Features. Dengan fungsi ini berbagai objek misal persegi, garis atau titik yang dibuat dengan menggunakan tools pada menu drawing dapat dikonversi langsung kedalam bentuk vektor yang mempunyai kooordinat. Dengan demikian tanpa membuat layer atau feature class terlebih dulu kita bisa langsung membuat vektor secara on the fly di tampilan ArcMap.


Pada bagian data toolbar Drawing silahkan buat objek rectangle, line, point dan sebagainya pada bagian data view. Misal seperti gambar dibawah.

Pada bagian data view misalkan saya buat sebuah rctangle sebagai batas dari Area of Interest, kotak tersebut akan saya gunakan sebagai vektor yang diguanakn untuk croping data.
Pada saat ini kotak yang dibuat hanyalah berupa objek yang tidak mempunyai koordinat, namun dengan menggunakan menu Convert Graphics to Features maka kotak tersebut dapat dikonversi menjadi sebuah shapefile yang mempunyai niali koordinat dengan mengacu pada data vektor yang ditampilkan pada saat itu.


Dengan menggunakan fungsi tersebut maka objek kotak tersebut maka dikonversi menjadi sebuah shafefile, dan bisa digunakan untuk croping data vektor yang ada.


Demikian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat. @wawanhn



Previous Post
Next Post

0 comments: