Breaking News

Download Aplikasi Sistem Informasi Desa (SIDeka)


Beberapa waktu yang lalu saya pernah mencoba untuk membuat aplikasi Sistem Informasi Desa yang didalamnya berisi  data kelahiran, data kematian, penduduk datang, penduduk keluar dan sebagainya input untuk laporan profil desa. Namun karena banyak kesibukan (sok sibuk he..) akhirnya sampai sekarang aplikasi tersebut belum selesai ...

Sampai akhirnya pada bulan yang lalu saya bertemu dengan seorang Dosen Universitas Atmajaya, dan setelah ngobrol lain-lain, akhirnya beliau cerita tentang salah satu aplikasi  Sistem Informasi Desa (SIDeka ) berbasis web. Aplikasi tersebut sudah dipakai di ratusan desa di Indonesia. Dan beliau ngasih link untuk donwload aplikasi tersebut secara gratis disini.. 

Bagi yang memerlukan aplikasi tersebut diperlsilahkan untuk mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut secara gratis. Bahkan mungkin untuk dilakukan pendampingan oleh tim pembuat aplikasi tersebut bagi desa yang menggunakannya katanya...

Saya rasa aplikasi semacam itu merupakan salah satu aplikasi yang memang sangat dibutuhkan untuk di gunakan di daerah, dalam hal ini desa sebagai pemerintahan terkecil di Indonesia. Salah satu permasalahan yang ditemui dalam hal data di Indonesia adalah tidak standarnya data di tiap daerah, tidak konsistenya data, ketidakuratan, serta lambantnya perolehan data tersebut.

Diharapkan dengan adanya aplikasi yang berada pada level bawah dapat menjadikan informasi yang dihasilkan di level atasnya menjadi semakin akurat, standar, mudah dan cepat untuk diperoleh. Saat ini saya rasa informasi banyak  yang masih bersifat Top-Down, artinya informasi datang dari arah atas sehingga informasi tersebut masih bersifat general dan tidak akurat menggambarkan kondisi di level bawahnya.

Menurut saya dengan paradigma merubah informasi yang bersumber dari Down to Top maka informasi lebih fleksibel, karena dapat digeneralisir dengan tanpa mengurangi nilai keakuratannya. Dengan informasi yang akurat, standar, mudah dan cepat diperoleh maka akan meningkatkan kinerja pemerintah dalam merumuskan atau membuat kebijakan yang tepat sasaran.





No comments