Breaking News

Pan Sharpening Citra Landsat 8 dengan ArcGIS

Citra Landsat 8 memiliki 11 band dimana terdapat nilai resolusi spasial yang berbeda tiap band tersebut. Pada band 1,2,3,4,5,6,7,9 memilki resolusi spasial 30 meter. Band 10 dan 11 memiliki resolusi spasial 100 meter. Dan band 8 memiliki resolusi spasial 15 meter.

Dari resolusi spasial 30 meter pada saat kita membuat komposit band natural color 432 (seperti pada tutoaril sebelumnya) sebenarnya dengan teknik Pan-Sharpening (fusi) kita bisa meningkatkan resolusi spasial komposit band tersebut dengan menambahkan band 8 (Pankromatik) kedalamnya.

Langkah inilah yang akan kita lakukan dengan menggunakan perangkat lunak ArcGIS. Dengan metode ini pula kita akan mendapatkan citra natural color yang semula memiliki resolusi spasial 30 meter akan menjadi citra landsat yang memiliki nilai resolusi spasial yang semakin baik yaitu 15 meter.

Metode Pan-Sharpening banyak dilakukan untuk mengakali kebutuhan akan citra yang lebih detail dengan harga yang lebih murah. Selain dalam penggunaan citra landsat 8 sehingga menjadi citra yang memiliki resolusi 15 meter. Contoh lain dapat dilakukan pada saat kita menggunakan citra satelit Alos Avnir yang memiliki resolusi spasial 10 meter akan dilakukan fusi dengan citra Alos Prism yang memiliki resolusi spasial 2,5. Dengan demikian akan mendapatkan citra satelit dengan resolusi 2,5 meter dan citra tersebut memiliki warna dari citra Alos Avnir. Dan biaya mendapatkan citra tersebut akan lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung citra resolusi tinggi yang  berharga mahal.

Oke langsung saja ke langkah-langkah yang harus dilakukan dalam Pan-Sharpening citra landsat 8 dengan ArcGIS, yaitu:

  • Buka ArcMap dan add data citra landsat hasil komposit sebelumnya (sebelumnya kita telah buat file komposit band 432) dan tambahkan juga band 8 ke layar ArcMap.
  • Kemudian cari fungsi Create Pan-Sharpened Raster Dataset dari Arctoolboox. Menu tersebut ada di  menu Data Management Tools. Kemudian pilih fungsi Create Pan-Sharpened Raster Dataset.
  • Pad window Create Pan-sharpened Rasater Dataset, lakukan seting sebagai berikut:
          A. Pada bagian input raster pilih layer komposit band.
          B. Pada bagian output raster dataset tentukan lokasi penyimpanan dan nama file hasil output.
          C. Pada bagian Panchromatic Image pilih layer band 8.
          Untuk setingan lain biarkan secara default.

  • Setelah semua seting dilakukan maka klik OK dan tunggu proses Pan-sharpening sampai dengan selesai. Seandainya proses pan-sharpening tersebut tidak ada kendala atau error maka di alaya otomatis akan ditampilkan hasil proses sharpening.
  • Selsai sudah lankah-langkah fusi atau pan-sharpening landsat 8 dengan menggunakan ArcGIS.
Kita dapat membandingkan citra landsat sebelum dan sesudah pan-sharpening seperti pada gambar di bawah ini.
Terimakasih telah menyimak tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat. @wawanhn



No comments