Thursday, April 16, 2015

Mengkonversi atribut string ke bentuk yang tepat di ArcGIS


Adakalanya saat kita mendapatkan sebuah data / peta hasil download atau dari hasil kerja orang lain, kadang kala terdapat ketidaksesuaian dalam data tersebut dengan apa yang kita harapkan. Sebagai contoh saya download Peta RBI Toponimi yang berisi teks / string dalam format huruf kapital. Dengan demikian saya membutuhkan satu langkah untuk mengkonversi string tersebut sehingga menjadi bentuk yang saya inginkan misal awal kata huruf besar selanjutnya huruf kecil, huruf kecil semua, ataupun huruf besar semua.


Oke kita langsung aja buka ArcMap, lalu buka file shp yang mempunyai atribut huruf kapital tersebut.


Dalam file shp tersebut telihat bahwa atribut dari kolom DESA_CAP format stringnya dalam bentuk kapital semua. Dan saya menginginkan berubah menjadi bentuk yang saya inginkan awalnya huruf besar dan huruf selanjutnya huruf kecil.

Buat field/kolom baru misal dengan nama DESA_1 dengan tipe data text pada tabel tersebut. Pembuatan field tersebut dilakukan karena tulisan ini merupakan sebuah tutorial, dengan demikian bisa terlihat perbedaan dari string kolom DESA_CAP dan kolom DESA_1 sebelum dan sesudah proses. Pada  kondisi sebenarnya proses bisa dilakukan terhadap field/kolom DESA_CAP secara langsung, dengan langkah yang dilakukan di bawah.


Selanjutnya kita akan menggunakan field kalkulator untuk mengkonversi string tersebut, klik kanan pada field/kolom DESA_1 atau field/kolom DESA_CAP lalu pillih field calculator.


Pada windows Field calculator pada bagian Parser pilih radio button Python, dan klik judul field/kolom yang akan kita ubah formatnya dan ketik .title(). fungsi titil() tersebut merupakan fungsi Python yang merubah string menjadi awalnya hurf besar dan huruf selanjutnya kecil. Seperti terlihat seperti gambar di bawah. Lalu pilih OK. Bisa juga perintah 


Maka akhirnya kita akan mendapatkan string field/kolom DESA_1 dalam format huruf awal besar dan huruf selanjutnya kecil, bisa kita lihat hasil perbedaannya dengan field/kolom DESA_CAP yang berisi huruf besar semua.


Dengan menggunakan perintah tersebut maka akan merubah string pada suatu kolom menjadi setiap awal kata hurufnya besar dan huruf selanjutnya kecil.

Contoh: "DESA ABANG JAYA" berubah menjadi "Desa Abang Jaya".

Beberapa fungsi lain dalam merubah huruf besar atau huruf kecil bisa menggunakan fungsi UCase dan LCase. Fungsi UCase yang berarti Upper Case artinya semua string pada field tersebut menjadi huruf besar semua. dan fungsi LCase yang berarti Lower Case artinya semua string pada field tersebut menjadi huruf kecil semua.

Penggunaan fungsi tersebut langkahnya sama dengan langkah diatas, cuma pada bagian input code tuliskan fungsi berikut:

UCase([nama_field]) jika ingin merubah menjadi huruf besar semua. Untuk contoh kasus diatas, ketik UCase([DESA_CAP]).

LCase([nama_field]) jika ingin merubah menjadi huruf kecil semua. Untuk contoh kasus diatas, ketik LCase([DESA_CAP]).

Namun harus dicatat pada saat menggunakan 2 fungsi tersebut di window field calculator, pada bagian Parser yang dipilih adalah radio button VBScript.

Sekian tutorial kali ini semoga bermanafaat @wawan.

Jika ingin mendownload tulisan dalam bentuk pdf klik disini
   

Previous Post
Next Post

0 comments: