Menjalankan Perintah Conda dengan Proxy di Anconda Prompt

Anaconda adalah aplikasi/distribusi open source untuk bahasa pemrograman Python dan R yang biasa digunakan untuk komputasi ilmiah (aplikasi pengolah data sain, machine learning, pengolah data skala besar, analisis prediksi dll). Dengan menggunakan paket anaconda memudahkan dalam programing Python dan R karena segala library di manage dalam sebuah paket serta memudahkan dalam mendistribusikan hasil paket pemrograman kita.

Jika kita menggunakan Anaconda, salah satu tools yang dapat digunakan adalag Anaconda Prompt, yang berfungsi layaknya command prompt namun lebih canggih dan berfungsi khusus dalam pemrograman Python atau R.

Dengan menggunakan perintah Conda kita dapat menginstall library-library Python dengan mudah layaknya menggunakan perintah dengan pip. Namun jika kita berada dalam jaringan yang menggunakan proxy, maka kadang terdapat masalah dalam menginstall library tersebut. Dengan demikian dalam Conda tersebut harus di setting proxy jaringan kita. Adapun perintahnya adalah sebagai berikut:

conda config --set proxy_servers.http http://id:pw@address:port

conda config --set proxy_servers.https https://id:pw@address:port

Dimana:

id diganti dengan user proxy, 
pw diganti dengan password,
address diganti dengan alamat proxy; dan
port diganti dengan nomor port jaringan proxy. 

Setelah di setting proxy maka kita dapat menginstall library python, sebagai contoh install shapely seperti berikut: > conda install shapely 



Terima kasih sudah menyimak semoga bermanfaat. @wawanhn
Previous
Next Post »
0 Komentar