Tuesday, July 28, 2020

Memperbaiki Error Saat Mengirim Email berbasis Gmail dalam Aplikasi Django


Sebelumnya saya telah share cara kirim email dalam aplikasi django,


studi kasus dalam pendaftaran user ke website dan aplikasi mengirim email link aktivasi untuk mengaktifkan user. Namun terdapat masalah ketika dalam contoh tersebut kita menggunakan email google sebagai server pengirim email.

Error yang muncul bisanya misalanya :

smtplib.SMTPAuthenticationError: (534, b'5.7.14 <https://accounts.google.com/signin/continue?sarp=1&scc=1&plt=AKgnsbt\n5.7.14 GeKrdT8sPh6mA6SKjOjzGWbPhMfIOmYXl6c0z3nRFFL6r3FsF0lsMV-mu7OM\n5.7.14 _6yBvxJs3RUxsotz7oqs5RqL2OhMnnNzpxu5YDV5rtGj6vAtOf9zl-OzW9RboWBY>\n5.7.14 Please log in via your web browser and then try again.\n5.7.14 Learn more at\n5.7.14 https://support.google.com/mail/answer/78754 128sm2269578wmz.43 - gsmtp')

Hal tersebut terjadi karena kita menggunakan email gmail untuk melakukan pengiriman email dari aplikasi pihak ketiga, sehingga dianggap operasi yang dilakukan tersebut adalah ilegal.

Untuk mengatasi hal tersebut maka lakukan 2 langkah:

  • Setting Allow less secure apps menjadi on
  • Membuat App password
Setting Allow les secure silahkan klik link Allow less secure app, masuk ke google akun Anda lalu rubah menjadi on



Membuat App password, langkahnya sebagai berikut:
  • Login ke google akun,
  • Lalu klik Manage your Google Account,
  • Pilih menu Security,
  • Lalu pada bagian Sign into Google, klik App passwords. Jika menu App password belum ada maka Anda belum mengaktifkan menu 2-Step Verification. Silahkan aktifkan dulu bagi yang belum.
  • Selahkan generate password untuk aplikasi kita, set select app dan select divece pilih other (custom name) dan masukan alamat aplikasi django kita, lalu generate.

  • Setelah itu maka kita mendapatkan 16 digit password yang akan digunakan untuk mengirim email dari aplikasi django, silahkan masukan password tersebut menggantikan EMAIL_HOST_PASSWORD di file settings.py.

Silahkan coba kirim email lagi dan berhasil... Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan ini. @wawanhn

  1. Turn on gmail 2-factor
  2. Generate the app specific password

Allow less secure apps
Previous Post
Next Post

0 comments: