Breaking News

Mengetahui Model Motherboard Tanpa Buka CPU di Windows


Mengetahui seri motherboard sangat diperlukan saat kita akan melakukan install atau update driver, serta mengetahui detail deskripsi dari motherboard saat akan menambah memori maksimal ataupun saat akan membeli memori tersebut apakah jenisnya DDR2 atau DDR3 atapun jenis lain. Mengetahui seri moterboard kita dapat melakukan pencarian mengenai deksripsi motherboard tersebut dengan mesin pencari. Seri atau jenis motherboard akan mempengaruhi jenis atau spesifikasi hardware yang support terhadap motherboard tersebut, misalnya mengetahui jenis memori yang disupport motherboar serta berapa kapasitas maksimal dari memori yang dapat dibaca motherboard tersebut. 

Biasnya untuk mengetahui seri motherboard bisa dilakukan dengan cara membuka CPU dan mencatat seri motherboard tersebut. Namun hal itu sangat merepotkan bagi yang tak terbiasa untuk buka-buka CPU dan juga sangat menyita waktu. Dengan mengggunakan command promt atau terminal di windows dapat mengetahui seri dari motherboard tanpa repot-repot buka CPU.

Jika terbiasa menggunakan command line, kamu akan lebih mudah untuk mengecek motherboard dan hardware dengan menggunakan Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC). Dengan WMIC tool, kamu bisa masuk ke baseboard untuk mengecek status motherboard seperti perusahaan, model, nama, part number, slot layout, serial number dan sebagainya.

Caranya buka cmd atau command promt dari start promram atau dengan menggunakan shortcut windows+R ketikan cmd. Kemudian perintah :

wmic baseboard get product, manufacturer, version, serialnumber


Dengan menggunakan perintah diatas maka ditampilkan seri motherboard, perusahaan pembuat, versi, dan serial number. Seri motherboard G41M-P28 dapat digunakan untuk mencari detail deskripsi motherboard tersebut dengan menggunakan situs pencari. Dan kita dapat mengupdate komputer kita sesuai dengan spesifikasinya.

Demikian tulisan sederhana ini semoga bermanfaat. @wawanhn

No comments