Membuat file netCDF dengan Menggunaknan Perintah sdfwrite GRADS

Dalam tulisan ini akan menampilkan bagaimana membuat file dengan format netcdf dengan menggunakan Grads. Caranya yaitu silahkan buka grads dengan menggunakan terminal (linux) atau menggunakan openGrads di windows.

Kita akan menggunakan file ctl yang telah dibuat pada tulisan sebelumnya. Dalam command promt kita akan menggunakan perintah sdfwrite untuk membuat file netcdf.


Pada tampilan tersebut kita menggunakan perintah open untuk membuka file ctl, dan menggunakan perintah q file untuk mengetahui deskripsi dari file ctl tersebut. Dalam file ctl tersebut mendefinisikan data trmm bulanan dari Januari 1998 dan mencakup seluruh dunia. Dan dalam deskripsi tersebut terlihat terdapat tiga variabel yaitu pcp, err, dan weight. Saat ini kita akan membuat file netcdf dari file tersebut untuk variabel pcp. Variabel pcp tersebut mendefinisikan curah hujan (precipitation).

Misal pada saat ini kita akan membuat file cdf untuk wilayah Indonesia saja, maka kita harus set lon dan lat untuk wilayah Indonesia. Set lon 90 140 serta lat -15 10 untuk memotong wilayah Indonesia. Lakukan perintah seperti di bawah ini.

set lon 90 140
set lat -15 10
set gxout shaded
d pcp



Selanjutnya ketikan perintah sdfwrite seperti di bawah

set t 1 las #untuk menentukan t awal dan akhir
define ch = pcp #mendefinisikan variabel ch diisi dengan data pcp (precipitation)
set sdfwrite /home/wawanhn/Documents/BAHAN-LATIH/DATA/NEW/output3b43_1998.nc # perintah membuat file netcdf
sdfwrite ch #menuliskan isi variabel ch ke fil netcdf


Maka kita berhasil membuat fil netcdf, dan kita coba buka file baru tersebut dengan grads dengan perintah seperti di gambar bawah ini.


Demikianlah kita berhasil membuat file netcdf untuk variabel curah hujan dari file trmm format hdf. Sekian semoga bermanfaat. @wawanhn








Previous
Next Post »
0 Komentar