Breaking News

Menggunakan Google untuk Melacak Posisi Smartphone


Perkembangan teknologi Google semakin cepat dan canggih, dengan menggunakan Google kita dapat melakukan pekerjaan sehari-hari atau pekerjaan rutin dari berbagai apalikasi cloud yang disediakan. Mulai dari email, blog, cloud-storage, cloud-application, calendar dan lain-lain. Aplikasi Google terhubung ke device android melalui akun google yang dikaitkan di smartphone. Dengan menggunakan smartphone android seolah-olah kita membawa sebuah perangkat komputer dalam sebuah genggaman.

Dengan berbagai kemudahan dalam perangkat android tersebut di satu sisi memberikan nilai positif dengan adanya berbagai kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan pekerjaan hanya dengan menggunakan satu perangkat genggaman. Namun disisi lain tanpa kita sadari dengan menyimpan dan menggunakan perangkat tersebut untuk pekerjaan dan berbagai data pribadi kita yang terkoneksi secara online yang disimpan dalam akun google sebenarnya kita sangat rentan terhadap kehilangan, dan kerugian akibat penyalahgunaan maupun maupun ulah usil orang yang ngga bertanggung jawab.

Dalam tulisan ini saya akan share bagian positif dari pengunaan Google, salah satu manfaat yang didapat dalam penggunakan google dalam hubungannya dengan perangkat android adalah kemampuan google untuk  mencari lokasi smartphone kita. Kemampuan ini tentunya dengan berbagai ketentuan dan keterbatasan yaitu

  1. Lokasi smartphone yang terlacak adalah lokasi terakhir dari perangkat android terhubung dengan internet (online). Ketika smartphone kita selalu online dan pada saat kita lacak sedang terhubung ke internet (online) maka hasil pelacakan lokasi menjadi lebih akurat. Namun ketika smartphone kita tidak terhubungn ke internet pada saat dilacak maka yang dihasilkan adalah posisi terakhir dari lokasi smartphone. 
  2. Jika status smartphone sedang aktif dan terkoneksi intenet (online) maka kita dapat melakukan panggilan terhadap smartphone tersebut. Hal ini berguna jika kita lupa menyimpan smartphone tinggal cek di google.
  3. Kita bisa menentukan setting terhadap smartphone, misalnya pada saat smartphone betul-betul hilang dan berada pada orang yang tidak berhak kita bisa set apakah akan menghapus data, mengunci smartphone, ataupun melakukan sign out dari smartphone tersebut.
  Oke ngga usah panjang lebar kita langsung aja ke topik yang dibahas caranya di browser (disarankan menggunakan chrome) login ke google. Kemudian masuk ke halaman myaccount sehingga ditampilkan halaman sebagai berikut.


Kemudian klik Find your phone sehingga menampilkan halaman.


Kemudian klik di smartphone yang akan kita lacak (terhubung dengan akun kita), kita diminta untuk melakukan login ulang sehingga tampil sebagai berikut.



Ada dua pilihan yang diberikan yaitu melakukan panggilan ke smartphone dan melacak lokasi smartphone. Jika kita melakukan klik Locat maka akan dilacak posisi terakhir smartphone (histori terakhir terkoneksi dengan internet). Sebagai contoh hasil pencarian lokasi sebagai berikut.


Dan jika di pilih Ring maka akan menghubungi ke smartphone kita dengan membunyikan ringtone yang maksimal dari smartphone kita meskipun smartphone kita sedang dalam posisi sillent.

Demikian tulisan ini saya share semoga bermanfaat. @wawanhn



No comments