Tuesday, August 23, 2016

Konversi PDF ke TIFF di ArcGIS 10.3


Dalam ArcGIS versi 10.3 ada salah satu fasilitas yang ditambahkan dalam Conversion Toolbox yaitu PDF to TIFF. Fungsi ini digunakan untuk melakukan konversi file pdf menjadi berformat tiff. Dan jika file pdf tersebut mempunyai referensi geografis, maka tiff yang dihasilkan dapat mempunyai referensi geografis. Dengan demikian hasil dari konversi tersebut dapat digunakan untuk proses digitasi atau analisis lain. Saya rasa fungsi ini sangat bermanfaat sekali dan merupakan sebuah kemajuan atau kemudahan yang diberikan ArcGIS pada versi 10.3.

Beberapa ketentuan dalam konversi pdf to tiff ini adalah sebagai berikut:
  • Pada file pdf yang ada beberapa halaman dapat kita tentukan halaman mana saja yang dikonversi ke tiff, dengan catatan setiap konversi hanya berlaku untuk satu halaman.
  • Jika file pdf tidak mempunyai referensi geografis, maka fungsi Write GeoTIFF Tags menjadi tidak akftif dan tif yang dihasilkan tidak mempunyai referensi geografis.
  • Tidak suport terhadapa file 3D GeoPDF versi 1.0, meskipun dapat menghasilkan file tiff namun tidak akan mempunyai referensi geografis.
Berikut saya akan perlihatkan beberapa pengunaan fungsi tersebut dalam beberapa versi:

Menggunakan script Python

#untuk file pdf 1 halaman
import arcpy #Define variables inPDF = r'C:\Project\export.pdf' outTIFF = r'C:\Project\export.tif' #Export PDF to GeoTIFF arcpy.PDFToTIFF_conversion(inPDF, outTIFF)

#file pdf yang mempunyai beberapa halaman
import arcpy import os # Define variables inPDF = r'C:\Project\OGC_DDP.pdf' outTIFF = r'C:\Project\TIFFs' # Create PDFDocument Object from inPDF pdf = arcpy.mapping.PDFDocumentOpen(inPDF) # Loop through each page in the PDF and create a name based on the page number for page in range(1, pdf.pageCount+1): name = str(page) + ".tif" outTIFFpath = os.path.join(outTIFF, name) # Export each page to TIFF using 96 DPI, CMYK color mode, and JPEG compression arcpy.PDFToTIFF_conversion(inPDF, outTIFFpath, '#', str(page), '#', '#', 96, 'CMYK_TRUE_COLOR', 'JPEG') # Build pyramids and calculate statistics on each output TIFF arcpy.BuildPyramidsandStatistics_management(outTIFF) print "Exported " + outTIFFpath print "Done"

Menggunakan Conversion Toolbox


Previous Post
Next Post

0 comments: