Breaking News

Menggunakan Whatsapp di Komputer

Whatsapp saat ini merupakan salah satu media chat yang sangat populer, bahkan mungkin salah satu yang terpopuler di dunia. Kesederhanaan dan kemudahan penggunaan whastapp memungkinkan aplikasi tersebut untuk digunakan oleh siapapun baik tua muda karena tidaklah harus ribet-ribet mempelajari menggunakan whastapp cukup bisa smsan. Mampu berjalan di berbagai platform baik itu Android, IOS, BBM, Nokia, maupun Windows.

Berbagai kegiatan saat ini banyak menggunakan whastapp dari mulai komunikasi, bisnis, promosi, media pengumuan, sharing, bahkan pembelajaran. Sebagai contoh di dunia pendidikan dengan media whastapp bisa dibuat sebuah grup yang khusus membahas sebuah topik tertentu. Di sekolah bisa dibuat grup whatsapp untuk setiap kelas, dimana guru dapat broadcast materi maupun link materi ataupun pengumuman yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Whatsapp juga bisa dibuat sebagai media sharing pembelajaran misal grup belajar bahasa ingris ataupun grup-grup diskusi lainnya. Berbagai keuntungan whatsapp bisa kita dapatkan untuk menunjang kegiatan sehari ke arah yang posistif.

Namun demikian sebagai salah satu hasil perkembangan teknologi (teknologi informasi), tentunya secara alamiah bahwa teknologi bisa dikatakan sebagai pedang yang bermata dua. Di satu sisi teknologi mampu membahwa berkah atau keuntungan bagi kehidupan atau aktifitas manusia. Tapi disi lain teknologi membawa kerugian atau ancaman bagi kehidupan manusia. Dengan demikian perlu kebijaksanaan dalam menggunakan teknologi dalam kehidupan manusia.

Disamping keuntungan yang bisa didapatkan whatsapp, dengan menggunakan media whatsapp juga bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan ataupun tindakan-tindakan yang bisa merugikan orang lain. Sebagai contoh yang paling sederhana media whatsapp biasa digunakan untuk menyebarkan berita-berita HOAX yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terutama berkaitan dengan masalah SARA. Hal ini dikarenakan orang-orang Indonesia terlalu gampang untuk heboh dan mempercayai suatu berita atau informasi tanpa memperdulikan apakah itu benar atau HOAX dan kita kadang malas untuk mencari tahu dulu kebenaran informasi tersebut.

Contoh diatas merupakan salah satu contoh sederhana penyalahgunaan whatsapp untuk tujuan yang tidak baik. Secara sepintas penyalahgunaan tersebut bisa dianggap sederhana, namun jika ditelaah lebih jauh justru itulah salah satu media efektif bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan ketidaknyamanan bahkan permusuhan diantara sesama. Saat ini dalam era digitalisasi informasi, media seperti whatsapp merupakan media yang ampuh untuk mendukung kejahatan-kejahatan ataupun membentuk suatu opini tertentu untuk mewujudkan suatu tindakan kejahatan. "Ingat bahwa siapa yang menguasai informasi maka dia dapat menguasai dunia". Hal inilah yang perlu dipahami oleh kita supaya menggunakan media informasi dengan bijak.

Setelah ngelantur kesana-kemari kembali ke topik utama bagaimana menggunakan whatsapp di komputer, kita bisa menggunakan browser dengan membuka alamat web.whatsapp.com. Sehingga di browser tampil seperti di bawah ini.



Kemudian pada smartphone kita buka whatsapp, dan pada Tab Chats pilih menu WhatsApp Web



Maka di whatsApp akan menampilkan halaman tampilan untuk melakukan scan terhadap QR COde di web.WhatsApp. Lakukan scanning terhadap QR tersebut dengan smartphone.



Setelah berhasil maka kita dapat melakukan chating Whatsapp dengan menggunakan browser di komputer. 



Sekian semoga membantu. @wawanhn



No comments