Breaking News

Instal Net Framework 3.5 di Windos 8.1 secara Offline


Pada saat kita menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1 terkadang mendapatkan masalah pada saat akan menginstal program yang membutuhkan Net Framework 3.5 atau dbawahnya. Salah satu kasus adalah pada saat akan menginstal ArcGIS 10.1 di Windows 8, maka akan terdapat masalah pada saat instalasi ArcGIS dikarenakan ArcGIS 10.1 membutuhkan Net Framework 3.5 sedangkan dalam Windows 8 tersebut belum terdapat Net Framework tersebut.


Secara default memang pada Windows 8 terdapat Net Framework, namun yang terdapat dalam Windows tersebut adalah versi 4.5. Tentunya dibutuhkan upaya untuk menambahkan Net Framework tersebut ke dalam Windows. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menginstal Net Framework tersebut sehingga aplikasi-aplikasi dapat diinstal di Windows kita.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstal Net Framework 3.5 diantaranya sebagai berikut:

1. Download Net Framework dari website Microsoft kemudian menginstalnya.
2. Melakukan instal Net Framework secara offline dengan menggunakan ISO Windows 8

Pada cara yang pertama meskipun kita sdah mendownload program Net Framework 3.5 namun pada saat instalasi kita tetap memerlukan koneksi internet untuk mendownload beberapa bagian yang diperlukan. Dalam cara ini pula sering terdapat kesulitas ataupun kegagalan karena pada saat koneksi ke internet terdapat kegagalan terutama jika kita menggunakan jaringan kantor yang terdapat proxy. Dan kalo mau pake internet sendiri sayang juga he...

Dengan demikian kita dapat menggunakan alternatif yang kedua yaitu dengan cara instal Net Framework secara offline merupakan langkah bijak. Adapun langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. File instalan Windows 8.1 ataupun dalam bentuk ISO,
2. Dengan menggunakan windows explorer mount ISO Windows tersebut sehingga terdapat dalam sebuah virtual CD.

3. Pada bagian drive di windows explorer terdapat sebuah drive virtual cd yang berisi Windos 8


4. Kemudian buka command promt dengan cara menggunakan run as administrator atau dengan menggunakan shortcut keyboard Crtl + Enter.
5. Pada command promt ketikan perintah dan ketik enter:

     Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs    /LimitAccess


6. Jika perintah tersebut berhasil maka selamat Net Framework 3.5 telah berhasil diinstal di komputer Anda dan dapat diinstal aplikasi-aplikasi yang membutuhkan Net Framework tersebut.

Terakhir untuk mengecek apakah Net Framework tersebut benar-benar sudah terintal di komputer kita dapat dilakukan dengan cara masuk ke Control Panel -> Programs -> Turn Windows Feature On or Off

Maka terlihat sebagai berikut.

Terimakasih telah menyimak. @wawanhn

No comments