Breaking News

Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

Setelah sebelumnya membahas bagaimana membuat instalan linux dan windows pada flashdisk, kali ini saya akan perkenalkan salah satu software yang sangat handal untuk membuat bootable USB atau flashdisk. Bootable ini flashdisk ini diperlukan pada saat kita membutuhkan flashdisk untuk instalan Windows dan Linux.


Dengan menggunakan rufus kita dengan mudah dan cepat membuat bootable instalan Sistem Operasi.  Berbagai kegunaan software rufus adalah sebagai berikut:

  • Membuat media instalasi USB dari Iso bootbale (Windows, Linux, UEFI, dan lain-lain).
  • Ingin menjalankan sistem operasi langsung dari usb, pada kasus komputer yang tidak mempunyai sistem operasi.
  • Melakukan flash BIOS atau firmware lain di DOS.
Untuk download rufus dapat didownload disini.

Untu menggunakannya buka file rufus-2.2.exe sehingga menampilan windows rufus untuk membuat bootable USB atau flashdisk.


Dalam windows Rufus tersebut ketika kita tancapkan flashdisk atau memory card maka akan terlihat dalam list device. Tentukan device (flashdisk) yang akan dibuat bootable. Dan selanjutnya tentukan jenis file system sesuai dengan instalan yang akan dibuat. Serta yang terakhir dan paling utama adalah pada bagian ISO image cari file ISO bootable instalan sistem operasi yang akan dibuat. Setelah selesai klik start dan tunggu proses sampai dengan selesai.

Cukup mudah dan sederhana bukan langkah membuat bootable usb atau flashdisk, Sebagai catatan untuk membuat bootable instalan sistem operasi kita harus punya file image atau ISO dari bootable sistem operasi terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak. @wawanhn




No comments