Download Peta Tutupan Lahan dan DAS dari Website Kementrian Kehutanan

Bagi yang sedang mencari data spasial gratis terutama peta tutupan lahan dan DAS, kabar gembira bagi Anda karena di era keterbuakaan informasi publik Departemen Kehutanan menyediakan layanan web yang memungkinkan untuk dapat mendownload Peta DAS (Daerah Aliran Sungai), Peta Tutupan Lahan atau Land use, Peta Lahan Kritis dalam format KML atau KMZ sebagai standar data yang digunakan dalam google earth.

Alamat untuk download peta dari dephut dapat diakses disini

Langkah-langkah dalam melakukan download peta dan bagaimana melakukan konversi ke format shp dijelaskan dibawah.


Dalam halaman web tersebut ditampilkan berbagai peta yang dapat didownload secara gratis dalam format KML atau KMZ. Cara downloadnya adalah dengan melakukan klik di peta yang diinginkan, secara otomatis data KML atau KMZ tersebut di download dalam komputer kita.

Selanjutnya tugas kita adalah melakukan konversi data sehingga bisa digunakan software GIS. Untuk melakukan konversi data saat ini saya akan menggunakan software ArcGIS.

Langkah pertama buka aplikasi ArcMap. Kemudian klik Arctoolboox, pilih menu Conversion Tools, pilih From KML, pilih KML to Layer. Setelah itu tampil windows KML to Layer. Pada menu input KML file pilih file kml yang telah kita download sebelumnya. Pada output location pilih folder tempat penyimpanan data hasi proses. Selanjutnya pada output data name bisa diisi dengan nama yang akan kita buat atau dibiarkan secara otomatis sesuai nama file KML. Setelah selasi klik OK dan tunggu samapai selesai.


Setelah proses konversi selesai, maka file hasil konversi otomatis tampil di ArcMap.


Untuk mempercantik tampilan dan merubah simbol seperti yang diinginkan kita dapat mengubah simbol layer tersebut dengan cara klik kanan properties di layer Polygons.


Lakukan penyesuain kolom apa yang akan dirubah simbolnya.


Setelah selesai klik OK dan dapat dilihat hasilnya seperti di bawah.


Oke sekian saja tulisan tentang download peta gratis dari web dephut semoga bermanfaat (@wawanhn).  Jika ingin mendownload tulisan dalam bentuk pdf klik disini.




Previous
Next Post »
0 Komentar

Add

Loading...