Konversi Data ArcGIS ke Google Earth


Saat ini faktor kompatibilitas merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pengelolaan data maupun perangkat lunak. Demikian pula dalam perangkat lunak GIS dengan berkembang pesatnya berbagai aplikasi GIS maka faktor kompatibilitas sebuah tipe data/file harus dipikirkan karena tiap perangkat lunak GIS mempunyai standar format data tertentu.

Agar kita tidak mengalami kendala mengenai kompatibilitas data dalam dunia GIS, tentunya kita harus memahami dengan baik beberapa hal yang terkait dengan perangkat lunak tersebut yaitu data dan proses. Kompatibiltas terkait erat dengan permasalahan data, terutama format data yang bisa digunakan atau diolah sebuah perangkat lunak GIS. Jika kita sering bekerja dengan GIS maka harus memahami format data apa yang standar bisa digunakan.

Terkait dengan judul diatas, saya akan membahas mengenai bagaimana kompatibilitas ArcGIS dan Google Earth, sehingga kita dapat berkerja dengan menggunakan dua perangkat lunak GIS tersebut dengan baik.

ArcGIS menggunakan format data standar berupa shapefile/shp meskipun saat ini standar data ArcGIS mulai ke arah geodatabase. Sedangkan Google Earth standarnya menggunakan data dengan format KML (Keyhole Markup Language) yaitu format data berbasis XML yang dapat memuat data geografi atau bisa juga berformat KMZ. Keyhole merupakan nama aplikasi google earth sebelum dibeli oleh Google. File KMZ merupakan file KML yang di Zip atau di kompres.

Setelah kita memahami dua format data yang digunakan di ArcGIS dan Google Eaerth maka kita dapat bekerja di dua perangkat lunak tersebut dengan melakukan konversi ke format yang bisa di baca di perangkat lunak bersangkutan.

Dengan ArcGIS kita dapat melakukan konversi data ArcGIS ke kml ataupun dari data KML/KMZ ke ArcGIS. Fungsi yang digunakan untuk melakukan konversi data tersebut terdapat terdapat dalam Toolbox Conversion Tools -> To KML -> Layer to KML untuk konversi data ArcGIS ke Google Earth. dan Toolbox Conversion Tools -> From KML -> KML to Layer untuk mengkonversi data Google Earth ke ArcGIS.

Bagaimana cara melakukan konveri data ArcGIS sehingga bisa digunakan di Google Earth akan saya sampaiakan sebagai berikut:


  • Buka ArcMap kemudian lakukan  Add data, dalam hal ini saya akan menggunakan data dengan format shp. Kemudian pada bagian toolbox pilih Conversion Tools -> To KML -> Layer to KML .


  • Lakukan konversi dengan memilih Layer yang akan dikonversi ke KML dan tentukan lokasi penyimpanan hasil konversi, setelah selesai di set klik OK.




  • Setelah proses konversi berhasil dilakukan kemudian buka aplikasi Google Earth. Untuk menambahkan file KML hasil konversi makan klik File -> Open dan pilih file KML yang akan ditampilkan di Google Earth.


  • Jika berhasil maka akan tampilan data hasil konversi di Google Earth, dan jika kita ingin memperbaiki tampilan data tersebut lakukan klik kanan pilih properties dan sesuaikan dengan kreasi Anda sendiri. Dan kita dapat melanjutkan perkerjaan kita di Google Earth dengan data tersebut.


Demikian tulisan sederhana saya buat semoga bermanfaat. @wawanhn



Previous
Next Post »
0 Komentar

Add

Loading...