Monday, November 2, 2015

Aplikasi Open Source Komputasi dan Grafik berbasis Python

Bagi anda yang bisa melakukan analisis matematik dan perhitungan matematik serta pemodelan pasti sering menggunakan Matlab. Software Matlab bukanlah software yang open source sehingga membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.


Namun bagi yang tidak mempunyai lisensi software tersebut dapat menggunakan software lain yang bersifat open source untuk melakukan analisis matematik dan pemodelan. Salah satu software open source yang mampu melakukan hal tersebut adalah NumPy, SciPy, dan MatplotLib yang menggunakan bahasa Python. Dengan software tersebut dapat dilakukan analisis-analisis dan visualisasi selayaknya menggunakan Matlab.

Untuk melakukan analisis dan visualisasi kita membutuhkan tiga perangkat atau bisa dikatakan modul yang ditambahkan kedalam Python. Sebelumnya bagi yang belum mengenal apa itu Python, secara sederhana Python merupakan bahasa interpreter yang bersifat open source yang saat ini sedang populer dikarenakan kemudahan dan kelengkapan library yang mendukungnya.


NumPy adalah modul yang menyediakan objek-objek matematika yang memudahkan dalam melakukan perhitungan array dan matrik serta menyediakan library dan fungsi-fungsi matematik yang lengkap. Sedangkan SciPy merupakan sebuah modul yang menyediakan algoritma-algoritma dalam melakukan analisis data. Dan hasil analisis atau perhitungan tersebut kemudian dapat divisualisasikan dalam bentuk grafik dengan menggunakan model Matplotlib.

Dengan ketiga modul tersebut dengan menggunakan Python maka ilmuwan dapat dilakukan analisis dan perhitungan matematik dan memvisualisasikannya dalam bentuk grafik seperti yang dilakukan dengan menggunakan Matlab namun tanpa membutuhkan lisensi.

Contoh pembuatan grafik dengan Matplotlib dari web  http://matplotlib.org/examples/lines_bars_and_markers/line_demo_dash_control.html

"""
Demo of a simple plot with a custom dashed line.

A Line object's ``set_dashes`` method allows you to specify dashes with
a series of on/off lengths (in points).
"""
import numpy as np
import matplotlib.pyplot as plt


x = np.linspace(0, 10)
line, = plt.plot(x, np.sin(x), '--', linewidth=2)

dashes = [10, 5, 100, 5]  # 10 points on, 5 off, 100 on, 5 off
line.set_dashes(dashes)

plt.show()

output:
Demikian tulisan pengenalan modul Python untuk analisis dan visualisasi dengan menggunakan NumPy, SciPy, Matplotlib.

Previous Post
Next Post

0 comments: