Aplikasi Opensource untuk Split dan Merge File PDF

Dokumen Pdf telah menjadi standar format untuk sharing data secara global. Dengan format Pdf file dokumen menjadi lebih sederhana, kuran file yang relatif lebih kecil, kualitas file tidak berkurang dari file aslinya karena  data berupa vektor bukan raster sehingga ketika di perbesar sampai batas tertentu tidak akan merubah kualitas data dan yang utama adalah portabilitasnya dimana bisa dibuka oleh aplikasi browser apapun tanpa membutuhkan aplikasi pembuka pdf tertentu.

Dengan demikian semakin berkembang dan banyak dibuat software untuk pengolah dan pembuatan dokumen Pdf. Saat saya berbagi salah satu software untuk memotong (split) dan menggabung (merge) dokumen Pdf  dengan mudah dan yang terutama gratis karena bersifat opensource. Nama aplikasi atau software yang dimaksud adalah 7-PDF Split and Merge.

Untuk dapat mendownload silahkan klik disini.
atau alternatif lain klik disini.

Cara menggunakannya cukup sederhana yaitu:

  • Untuk melakukan split dokumen pdf, buka aplikasi. Pilih tab Split DPF Files..., kemudian tambahkan yang akan di split dengan menggunakan button Add. Kemudian lakukan seting untuk split halaman yang diinginkan. Dalam contoh saya akan split sebuah file dengan tujuan ingin mengambil halaman cover (halaman 1) dan halaman 10-12 pilih radio button Split by page-range. Tentukan tempat output hasil split file, dan terakhir klik button Split this PDF.

  • Untuk Melakukan merge file pdf, pilih tab Merge PDF Files..., kemudian tambahkan file (button Add) tentukan urutan dokumen dari file pdf dengan cara klik button Up atau Down tentukan tempat hasil output, terakhir klik button Merge PDF Files!

Oke cukup sekian tulisan sederhana mengenai split dan merge file pdf dengan menggunakan aplikasi opensource dan semoga bermanfaat @wawanhn.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar