Sunday, January 21, 2018

Download Text Editor Gratis Terbaik untuk Programmer

Bagi seorang programmer atau yang ingin menjadi programmer tentu aakan sangat memerlukan text editor untuk membuat dan menulis kode programnya. Text editor merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menulis kode program dengan lebih mudah karena adanya beberapa fitur yang berguna dalam membatu menulis program dengan cepat dan mudah.

Beberapa text editor mempunyai beberapa fungsi anatra lain sebagi compiler, syntax highlighting, search, line marking, snippet, comment, prediction dan lain-lain yang sangat membantu dalam menulis kode program sehingga menghindari kesalahan dan mempercepat pembuatan kode program.

Dari banyak text editor yang tersedia secara online yang dapat kita download, berikut ada beberapa text editor yang dapat digunakan oleh para programmer atau calon programmer yang akan belajar membuat kode program dengan mudah. Beberapa text editor yang saya bagikan tersedia dalam versi gratis sehingga tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya, sehingga bisa belajar program komputer tanpa harus mengeluarkan biaya dengan hanya modal keinginan dan kerja keras...


  • Notepad ++

Notepad ++ merupakan text editor gratis terbaik yang berjalan dalam sistem operasi windows. layaknya aplikasi notepad namun dengan berbagai kecanggihan yang tidak dimiliki notepad biasa, sehingga aplikasi notepad ++ sangat mudah digunakan sekalipun bagi yang pertama kali. Aplikasi notepad ++ mendukung berbagai bahasa pemrograman diantaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Pearl, PHP, Python, Shell, SQL, VB, XML.

Dengan dibuat berbasis C++ aplikasi Notepad ++ berjalan di sistem operasi windows dengan menggunakan memory dan resources  komputer rendah, sehingga dapat berjalan secara cepat. Bagi Anda yang ingin download aplikasi Notepad ++ dapat didownload disini 
  • Sublime Text

Sublime text sebagai salah satu text editor terbaik untuk programmer yang dapat digunakan dalam berbagai platform sistem operasi dengan berbagai kecangihan fitur yang biasanya digunakan untuk web developer dalam membuat kode program. Text editor usblime tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Beberapa fitur yang ada dalam sublime text diantaranya adalah command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, plugin API dan lain-lain. Dan jika kita ingin menmabahkan berbagai fitur lain dalam menambahkan plugins yang ada di internet.

Sublime text editor dapat didownload disini 
  • Atom 
Atom merupakan text editor yang modern dan cangggih yang memungkinkan untuk dikostumisasi dengan melakukan perubahan di core filenya sehingga bisa meningkatkan produktifitas kerja kita. ATom text editor bersifat gratis dan dapat berkerja di berbagai platform sistem operasi.

Beberaps fitur canggih yang terdapat dalam atom text editor antara lain adalah  cross platfor editing, built in package manager, smart autocompletion, file system browser, multiple panel, find and replace dan lain-lain.

Atom text editor dapat didownload disini 

Demikian dulu tulisan kali ini semoga bermanfaat. @wawanhn
Previous Post
Next Post

0 comments: