Friday, March 4, 2016

Mengatasi Tidak Bisa Menambahkan Basemap di ArcGIS karena Proxy Server

Saat ini merupakan era yang memanfaatkan layanan berbasi Cloud. Dimana kita menggunakan layana atau data yang disediakan pihak lain melalui jaringan atau data tersebut tidak terdapat di komputer kita. Salah satu layanan Cloud di ArcGIS adalah menggunakan data Basemap secara online untuk referensi atau pekerjaan pemetaan atau analisis data spasial.

Namun adakalanya terdapat permasalahan ketika kita menggunakan layanan Cloud tersebut terutama masalah dalam menghubungkan komputer ke layanan Cloud tersebut. Dalam tulisan ini mencoba untuk mengatasi permasalahan dalam koneksi dan memuat Basemap di ArcGIS. Sebagai contoh pada saat kita sedang bekerja denganArcMap dan ingin menambahkan Basemap di peta kita dengan cara File -> Add Data -> Add Basemap namun kita tidak bisa terkoneksi dengan server ArcGIS oleh karena berbagai hal. Berikut adalah tips memecahkan masalah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik.
Layanan online memerlukan koneksi ke internet, sehingga memastikan bahwa Anda memiliki koneksi yang baik. Jika Anda tidak, Anda akan perlu untuk memastikan, memperbaiki, atau memintas bantuan orang TI untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda yakin bahwa Anda koneksi internet berjalan baik, maka lanjutkan ke Langkah 2.

2. Apakah jaringan bermasalah ini memiliki server proxy?
Jika ya, apakah bisa meminta departemen TI untuk menonaktifkan proxy sementara. Namun jika tidak bisa dilakukan maka kita harus melakukan seting proxy di ArcGIS kita. Langkahnya adalah buka ArcCatalog dan memilih Customize > ArcCatalog Pilihan > Connections, dan memasukkan data proxy (ip, port, username, dan password). Data username dan password yang dimsukan harus sama dengan dalam pengaturan internet seperti di browser.

Jika permasalahan tersebut di proxy, maka dengan langkah diatas dapat mengatasi permasalahan yang diungkapkan sebelumnya. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan terimakasih telah menyimak. @wawanhn
Previous Post
Next Post

0 comments: