Merancang Konseptual Geodatabase berbasis ArcGIS

Dalam  penyusunan  basis data  perlu  diperhitungkan kemampuan fungsi  untuk  penanganan  data masukkan, penyimpanan, penelusuran yang  mudah, integritas,  keamanan, konsistensi, tidak adanya redudansi dan  manajemen yang baikUntuk membangun geodatabase yang dapat mengakomodasi hal-hal tersebut harus dilakukan tahapan perancangan konseptual geodatabase dengan baik.

Bagi yang akan membangun gedatabase dengan menggunakan ArcGIS saya akan sharing salah satu teknik dalam melakukan perancangan konseptual geodatabase sehingga dapat diterapkan dalam geodatabase berbasis ArcGIS. Studi kasus yang akan saya ambil adalah tentang perancangan geodatabase untuk jaringan jalan. Dalam perancangan basis data dilakukan tahapan perancangan secara konseptual basis data dan pemilihan platform basis data serta tahapan pembuatan basis data.
Perancangan konseptual basis data
Perancangan konseptual basis data merupakan tahapan awal yang digunakan untuk merancang struktur basis data secara konseptual. Perancangan konseptual basis data merupakan tahapan awal dalam merancang struktur basis data jaringan jalan. Dalam tahapan ini akan digambarkan struktur basis data secara konsep sebelum diaplikasikan dalam sebuah perangkat lunak basis data.
Dengan melakukan analisis terhadap data hasil survey maka dapat dilakukan tahapan perancangan konseptual basis data dengan memperhatikan jenis data apa saja yang akan disimpan dalam basis data.
Tipe data yang akan disimpan dalam basis data jaringan jalan ada berbagai macam, ada yang berupa koordinat, teks, number, bahkan berupa image (hasil photo). Dengan demikian harus dirancang konsep basis data yang dapat mengakomodir tipe data tersebut.
Penggambaran konseptual basis data jaringan jalan dibuat dengan menggunakan microsoft excel dengan menampilkan informasi tabel dan atribut beserta tipe datanya. berikut saya kasih link dokumen perancangan geodatabase berbasis ArcGIS disini.
Terimkasih semoga membantu. @wawanhn
Previous
Next Post »
0 Komentar