Setting Proxy di Linux Ubuntu

Bagi yang berada dalam jaringan yang menggunakan proxy untuk akses intenet. Anda harus melakukan seting authentication proxy untuk bisa melakukan update atau instal software secara online. Di dalam Ubuntu secara default antar muka untuk seting proxy hanya dapat menginputkan alamat proxy dan nomor port.


Berapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet langsung ataupun instal aplikasi langsung secara online tidak akan berjalan dengan hanya melakukan konfigurasi seperti diatas. Dengan demikian perlu konfigurasi khusus untuk melakukan seting authentication proxy di Ubuntu.

Dalam tulisan ini akan dibahas salah satu cara untuk melakukan seting authentication proxy di Ubuntu dengan menggunakan dconf-editor. Untuk menginstal dconf-editor kita bisa menggunakan Ubuntu Software Center atau menggunakan terminal).

Jika menggunakan terminal ketika perintah "sudo  apt-get install dconf-editor".


Setelah selesai diinstal, maka buka dconf-editor, kemudian menuju menu system >> proxy >> http dan isi authentication-password dan authentication-user dengan user dan password proxy jaringan kita serta dklik enabled dan use-authentication.


Dengan cara tersebut maka kita telah sukses melakukan seting proxy dengan memasukan user dan password proxy kedalam system, sehinga bisa mengakses atau instal software secara online. Dan kita juga bisa set untuk alamat lokal server atau domain tertentu diakses tanpa menggunakan internet, sehingga dapat diakses lebih cepat dan tanpa menggunakan proxy. Seting konfigurasi pada bagin menu system >> proxy. Pada bagian ignore-host isi dengan server, domain, atau ip local.


Terimakasih atas perhatiannya, dan semoga bermanfaat. @wawanhn

  
Previous
Next Post »
0 Komentar