Thursday, June 11, 2015

Instal PostgreSQL di Linux Ubuntu

PostgreSQL atau Postgres merupakan sistem basis data relasional yang mendukung implementasi dari query bahasa SQL. Postgres merupakan basis data yang sangat populer untuk banyak proyek kecil atau besar yang mendukung dalam standar data, fitur transaksi tingkat lanjut yang memadai, serta pengunaan database secara bersama-sama. Serta hal yang sangat mendukung Postgres sebagai database yang populer salah satunya karena sifatnya yang open source dan dukungan yang sangat baik untuk mengelola data spasial.

Bagi yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu dapat menginstal Postgres dengan melalui Ubuntu Software Center ataupun menggunakan terminal. Secara default repository Ubuntu telah mengandung paket Posgres, sehingga kita dapat menginstalnya dengan mudah tanpa menggunakan sistem packaging apt.

Ketika kit abelum mengupdate repository apt lokal kita, maka dengan menggunakan terminal kita dapat menuliskan perintah untuk update paket ubuntu dan juga menambahkan update Postgre terbaru. Dalam terminal ketikan "sudo apt-get update".


Kemudian ketikan perintah "sudo apt-get install postgresql posgresql-contrib" di terminal.


Maka pada tahan ini kita selesai menginstal Postgres di Ubuntu. Untuk mengecek hasil instalasi Postgres dapat mengunakan terminal, misal kita masuk ke database Postgres dengan mengetikan "sudo -i -u postgres" dan kita dapat mengecek versi Postgres dengan mengetik "psql".


Selanjutnya kita akan menginstal Postgis, bahasa prosedural, dan client interface. Untuk mendapatkan paket tambahan yang berisi runtime bahasa prosedural, add PostGIS, client interface dapat melihat daftarnya dengan menggunakan perintah:

apt-cache search postgres

Kemudian kita akan menginstal pgAdmin III sebagai GUI untuk Postres yang mudah digunakan bagi pemula seperti saya. Perintah untuk instal PpgAdmin sebagai berikut.

sudo apt-get install pgadmin3

Demikianlah tulisan sederhana tentang instal postgres di Ubuntu, pada kesempatan selanjutnya kita akan mencoba membahas bagaimana menggunakan database Postgres. 

Selanjutnya membuat superuser / admin dengan mengetikan perintah

sudo -u postgres createuser --superuser <user>
sudo -u postgres psql

postgres=# \password <user>
misal <user> saya ganti dengan 'postgres', dan setelah perintah yang terakhir maka akan diminta untuk memasukan password untuk user tersebut.

kemudian dengan pgadmin kita bisa buat koneksi ke database seperti terlihat pada gambar di bawah.


Install Postgis

sudo apt-get install -y postgis


Terimakasih telah menyimak. @wawanhn







Previous Post
Next Post

0 comments: