Membuat QR Code Google Maps


Saat ini penggunaan google maps semakin luas, dengan google maps kita bisa dengan mudah mencari lokasi suatu daerah yang bahkan kita belum pernah ketahui. Dengan melihat vektor map maupun satelit kita bisa dengan mudah mengetahui, mengidentifikasi, bahkan bisa digunakan sebagai penunjuk arah jalan selain menggunakan gps.

Salah satu fungsi sederhana dari google maps dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk memberikan info koordinat alamat kita untuk orang lain. Sebagai contoh dalam sebuah kartu undangan biasanya disertakan peta lokasi sebagai penunjuk jalan.

Jika kita gunakan teknologi google maps maka akan semakin mudah dan akurat untuk menshare lokasi tersebut. Share lokasi tersebut kemudian bisa di akses menggunakan perangkat sederhana yang banyak kita gunakan sehari-hari yaitu ponsel, baik android, apple, bbm, maupun windows.

Di kartu undangan tersebut selain kita tampilkan peta, juga bisa kita tampilkan sebuah QR Code yang dapat dibaca ponsel kita sebagai link ke google maps, cukup simpel bukan?

Oke lanjut aja kita bahas bagaimana buat barcode tersebut, yaitu:
  1. Pertama dengan menggunan google chrome buka alamat maps.google.com dan cari lokasi yang akan dituju dana akan kita share. 
  2. Kemudian copy link alamat google maps tersebut dan pastekan di web goo.gl untuk membuat singkat link tersebut, kemudian klik button shorten.
  3. Copy link yang sudah  dishorten dan pastekan di tab baru dengan menambahkan .qr, sehingga akan diubah menjadi sebuah QR code oleh browser.
  4. Save gambar QRCode terdebut dan gambar tersebut bisa kita share atau kita cetak di kartu undangan.
  5. Selanjutnya untuk membaca QR Code tersebut download aplikasi QR Reader di google play atau aplication market. Contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk baca QR Code yaitu QR Code Reader, i-nigma dll.



Sekian semoga membantu @wawanhn.
Previous
Next Post »
0 Komentar