Download Peta RBI dari BIG (Bakosurtanal)

Dalam tulisan ini akan berbagi tentang bagaimana caranya download peta RBI secara gratis dari BIG (dulu Bakosurtanal). Sebenarnya saya baru mengetahui bahwa peta digital RBI BIG itu bisa didownload dengan gratis beberapa hari yang lalu. Berawal dari adanya rekan kerja yang mau membeli data RBI ke BIG. Kemudian saya telpon ke BIG dan bertanya bagaimana caranya kalau mau beli data RBI, dijawab oleh resepsionis: “saat ini untuk data digital dapat didownload secara gratis di portal.ina-sdi.or.id, kecuali untuk data cetak (hardcopy) setiap lembar dijual Rp. 50.000”. Oke saya bilang terimakasih saya coba download disitu, karena memang yang saya butuhkan data digital.


Saya buka portal.ina-sdi.or.id, kemudian saya coba liat liat fitur yang ada di webgis tersebut, namun saya kesulitan untuk mendownload peta RBI dari web tersebut.  Sempet saya berfikir lebih baik beli aja kalo ngasih gratis tapi susah untuk downloadnya he ...


Ternyata dasar saya yang males baca dulu, tau-tau pengen segera download. Tutoarial untuk download peta RBI ternyata disediakan oleh web tersebut. Untuk melihat tutorial klik di tab Pendaftaran, dan klik teks “disini”.

Sebelum kita dapat mendownload kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dengan mengklik login dibagian atas.


Sehingga tampil halaman untuk melakukan login, untuk melakukan pendaftaran klik Register New User.


Kemudian isi data-data dengan lengkap dan setelah selesai klik tombol confirm. Kemudian tampil halaman yang menmpilkan informasi pendaftar dan klik tombol confirm  sekali lagi.


Maka tahapan pendaftaran selesai dan segala informasi pendaftaran berisi username dan password dikirim ke email. Dengan username dan password tersebut maka dapat digunakan untuk masuk ke portal.ina-sdi.or.id sehingga dapat melakukan download peta. 

Oke langkah selanjutnya untuk mendownload peta adalah pertama lakukan login di portal.ina-sdi-or.id.


Kemudian klik tab InaGeoportal, dan kemudian di bagian pencarian ketik “rbi” seperti gambar di bawah


Maka akan tampil beberapa data rbi yang bisa di download meliputi: penutup lahan (landuse), hidrografi (perairan dan sungai), hipsografi (kontur), toponimi (nama daerah), garis pantai, dan transfortasi dalam berbagai skala 25K (skala 25.000), 50K (skala 50.000), 250K (skala 250.000). Kemudian jika sudah ditentukan akan mendownload peta tematik apa maka klik “membeli”.


Misal kita pilih peta tematik IGD 25K Hidrografi dan klik "membeli", maka akan tampil halaman yang menapilkan indek peta hidrografi Indonesia berbasis data RBI skala 25.000.


Selanjutnya zoom peta indek ke lokasi yang iinginkan, kemudian dengan menggunakan tombol kotak atau area pilih daerah yang akan di download, langkah terakhir yaitu memilih format output peta yang diinginkan apakah mau GDB (format geodatabase ArcGIS), shp (ArcGIS), DXF (Autocad), DGW (Autocad), ataupun DGN.
Bisa juga menetunkan jenis format raster apakah GDB, IMG, tiff dan lain-lain. Selajutnya kita juga dapat merubah jenis koordinat yang digunakan apakah mau koordinat geografis atau mau menggunakan proyeksi UTM WGS 84. Kemudian klik tombol “Tambah dalam keranjang”.


Setelah itu tampil halaman yang memperlihatkan peta yang akan kita download, kemudian klik tombol “unduh”.


Maka kita telah melakukan pemesanan peta selajutnya kita tinggal menunggu konfirmasi dari admin jika data yang kita minta telah siap di unduh.


Klik link alamat unduh peta yang dikasih oleh administrator. Kemudian tampil halaman web yang berisi data peta yang diminta pilih tombol “buka->unduh”. Dan tungguin download data sampai selesai.


Dengan langkah-langkah tersebut kita selesai melakukan download data hidrografi RBI skala 25.000 dan siap untuk diolah dengan software GIS. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi yang sedang mencari data RBI digital (@wawanhn).

Jika ingin mendownload tulisan dalam bentuk pdf klik disini




Previous
Next Post »
0 Komentar